Skip to main content

Surah al-Fatihah: Pemeliharaan Allah pada makhluk-Nya

Surah al-Fatihah

Pemeliharaan Allah pada makhluk-Nya

Pemeliharaan Allah pada makhluk-Nya ada dua; umum dan khusus.

Yang bersifat umum adalah; berupa penciptaan makhluk-Nya, pemberian rezeki kepada mereka, pemberian arahan terhadap apa yang menjadi kepentingan mereka sebagai sarana hidup di dunia.

Yang bersifat khusus adalah; berupa pemeliharaan Allah pada para wali-Nya dengan pemeliharaan berupa keimanan, memberikan taufik pada mereka, menyempurnakan diri mereka, menghindarkan mereka dari keteledoran, dan menyingkirkan hambatan yang ada di hadapan mereka dalam beribadah menuju kepada Allah.

Sedangkan hakikatnya adalah; pemeliharaan taufik pada semua kebaikan, dan penjagaan dari semua bentuk kejahatan. Mungkin inilah rahasianya kenapa kebanyakan do'a-do'a yang diucapkan oleh para Nabi senantiasa dimulai dengan lafazh "Rabb", karena semua permohonan mereka masuk dalam pemeliharaan-Nya yang khusus.

Dengan demikian, makna firman-Nya; "Rabb semesta alam", adalah menunjukkan bahwa Dia satu-satunya yang menciptakan dan mengurus dunia ini. Dialah pemilik nikmat dan pemilik kekayaan yang sempurna. Seluruh semesta menghajatkan pada-Nya dalam semua kebutuhan yang mereka inginkan.

"Maaliki yaumiddin (Yang memiliki atau menguasai hari Pembalasan)"; al-Malik adalah Dzat yang memiliki sifat memiliki (menguasai), yang salah satu bentuknya adalah, bahwa Dia memiliki hak menyuruh dan melarang, memberi pahala dan menjatuhkan hukuman. Dia bebas melakukan semua hal yang berurusan dengan kekuasaan (kerajaan-Nya). Dan sebesar-besar kekuasaan-Nya adalah hari Kiamat, dimana seluruh manusia pada saat itu akan dimintai pertanggungjawaban dari setiap amal perbuatannya, yang baik dan yang jahat.

Bersambung...

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Tafsir al-Qur-an al-Azhim li an-Nisa', Penulis: Syaikh Imad Zaki al-Barudi, Penerbit: al-Maktabah at-Taufiqiyyah, Kairo - Mesir, Judul terjemahan: Tafsir wanita, Penerjemah: Samson Rahman MA, Penerbit: Pustaka al-Kautsar, Jakarta - Indonesia, Cetakan pertama, Juni 2004 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog