Skip to main content

Catatan kedua atas buku Dialog dengan jin Muslim (7)

Bab ketiga

Catatan atas buku Dialog dengan jin Muslim

Catatan kedua (7)

Mari kita lihat satu persatu dari keterangan (jin Muslim sahabat Muhammad Isa Dawud) di atas:

1. Tsabar, jin yang suka mendatangi orang yang berkeluh kesah, itu adalah maksiat.

2. Dasim, jin yang suka mencerai-beraikan perkawinan.

3. A'war, jin spesialis dalam perzinahan.

4. Maswath, jin spesialis dalam menciptakan kebohongan.

5. Zalnabur, jin yang suka bergentayangan di pasar-pasar.

Di sini tidak disinggung-singgung bahwa ada syaithan yang menyuruh manusia untuk berbuat syirik. Siapa nama jin yang suka menyuruh manusia untuk berbuat syirik? Kenapa di sini tidak dijelaskan? Padahal itu merupakan hal yang terpenting dan terbesar yang apabila seorang telah berbuat syirik akbar (besar), maka dia kafir dan keluar dari Islam. Dan apabila ia mati dalam keadaan berbuat syirik akbar (besar) dan belum sempat bertaubat, maka ia kekal di dalam Neraka bersama-sama dengan iblis.

Kalau seorang itu berzina, memang dia telah berbuat dosa besar, namun kalau dia seorang Muslim, maka dia tidak akan kekal di dalam Neraka, selama dia tidak menghalalkan perzinahan tersebut. Walaupun dengan perbuatannya itu, dia terancam adzab yang sangat pedih sekali di akhirah nanti (44). Mengapa tidak ada syaithan yang menyuruh manusia untuk berbuat syirik dalam keterangan di atas? Mengapa hal itu tidak diterangkan? Kalau kita husnuzhan (berbaik sangka) kepada jin Muslim sahabat Muhammad Isa Dawud, maka dapat kita katakan, mungkin saja ia lupa (atau belum mengetahui 'ilmunya).

Bersambung...

===

(44) Ini merupakan 'aqidah Ahlus Sunnah wal jama'ah yang menyatakan bahwa seorang Muslim yang berbuat dosa besar tidak dikafirkan, selama dia tidak menghalalkannya. Dan apabila ia mati dengan membawa dosa tersebut dan belum bertaubat, maka urusannya tahta masyi'atillah (diserahkan kepada Allah), bisa jadi ia diadzab dan bisa jadi pula ia diampuni. Lihat keterangannya dalam kitab-kitab yang membahas permasalahan 'aqidah Ahlus Sunnah wal jama'ah, seperti kitab 'Aqidah ath-Thahawiyyah, kitab 'Aqidah as-Salaf wa Ash-habul Hadits dan lain-lain kitab 'aqidah yang banyak sekali, yang menyelisihi 'aqidah kaum khawarij, mu'tazilah dan yang lainnya dari ahli bid'ah.

===

Maraji'/ Sumber:
Buku: Alam jin menurut al-Qur-an dan as-Sunnah, bantahan terhadap buku Dialog dengan jin Muslim, Penulis: Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullaah, Penyusun: Ustadz Ibnu Saini bin Muhammad bin Musa rahimahullaah, Penerbit: Darul Qolam, Jakarta - Indonesia, Cetakan kedua, Tahun 1425 H/ 2004 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog