Skip to main content

Lakukan 'amal yang berpahala ganda: Melaksanakan shalat isyraq

Hal-hal yang menyebabkan panjang umur

Lakukan 'amal yang berpahala ganda

2. Hajji dan 'umrah.

b. Melaksanakan shalat isyraq.

Anas bin Malik radhiyallaahu 'anhu meriwayatkan sabda Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam:

"Barangsiapa yang melaksanakan shalat Shubuh secara berjama'ah lalu ia duduk berdzikir hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua raka'at, maka baginya pahala seperti orang yang berhajji dan 'umrah secara sempurna, sempurna (Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam menyebutnya tiga kali, -ed)." (63)

Sunnah ini sangat jarang terlihat di masjid-masjid saat ini. Di antara penyebabnya adalah begadang sampai larut malam, terutama pada hari-hari libur. Seyogyanya seorang Muslim mencari jalan agar ia dapat mengerjakan sunnah yang sudah mulai ditelantarkan. Paling tidak ia bisa mengerjakannya sekali dalam sepekan, seperti di saat libur atau sedang tidak terikat dengan tugas kantor atau sekolah. Jika engkau rajin mengerjakan hal ini, maka engkau seperti memperoleh pahala orang berhajji dan 'umrah setiap pekan, seakan umur engkau telah dipanjangkan selama dua tahun.

Bersambung...

===

(63) Diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi, ia berkata hadits ini hasan, 3/68. Hadits ini dihasankan oleh Imam al-Arnauth dalam kitab Jami' al-Ushul 9/401. Dihasankan juga oleh Imam al-Albani dalam kitab Shahih at-Tirmidzi nomor 480.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Kaifa Tu-thilu 'Umruka al-Intaajii, Penyusun: Muhammad bin Ibrahim an-Nu'aim, Pengantar: Syaikh Dr. Shalih bin Ghanim as-Sadlan, Syaikh 'Abdurrahim bin Ibrahim al-Hasyim, Penerbit: Daar adz-Dzakhair, Dammam - Arab Saudi, Cetakan ke-3, Tahun 1422 H, Judul terjemah: Manajemen Umur, Resep Sunnah Menambah Pahala dan Usia, Penerjemah: M. Yasir 'Abdul Muthalib Lc, Penerbit: Pustaka at-Tazkia, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'ul Awwal 1426 H/ Mei 2005 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog