Skip to main content

Kisah dajjal dan turunnya Nabi 'Isa 'alaihis salam untuk membunuhnya (39)

Kronologi kisah al-masih ad-dajjal dan turunnya 'Isa 'alaihis salam, serta terbunuhnya dajjal oleh 'Isa 'alaihis salam berdasarkan riwayat Abu Umamah radhiyallaahu 'anhu dengan tambahan riwayat yang shahih dari shahabat lain radhiyallaahu 'anhum.

39. Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

([Kemudian 'Isa pergi dengan membawa tombaknya ke arah dajjal] (106), ketika dajjal melihat 'Isa, tiba-tiba ia lemah lunglai sebagaimana garam larut di dalam air, [sekiranya 'Isa membiarkannya, niscaya dajjal menjadi lemah lunglai dan akhirnya akan binasa, akan tetapi Allah membunuhnya dengan perantara tangan 'Isa. Maka Allah kemudian menampakkan darah dajjal di tombak 'Isa] (107). 'Isa mendapati dajjal di dekat pintu 'al-Ludd' bagian timur kemudian membunuhnya, [kemudian Allah membinasakannya di 'Aqabah Afiq']). (108)

Bersambung...

===

(106) Riwayat Imam Ahmad dalam kitab al-Musnad dan Imam al-Hakim dalam kitab al-Mustadrak dari 'Utsman bin Abu al-'Ash radhiyallaahu 'anhu.

(107) Riwayat Imam Muslim, Imam Abu 'Amr ad-Dani dalam kitab al-Fitan dan Imam al-Hakim dalam al-Mustadrak dari Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu.

(108) Riwayat Imam Ahmad dalam al-Musnad, Imam Hanbal bin Ishaq dalam al-Fitan dan Imam Ibnu 'Asakir dalam kitab at-Tarikh dari Safinah radhiyallaahu 'anha.

'Aqabah Afiq adalah nama sebuah desa di Hauran di jalanan yang menurun di permulaan lereng yang sudah dikenal sebagai 'Aqabah Afiq. Orang banyak menyebutnya dengan Fiiq, turun dari lereng ini lalu menuju ke dataran rendh yaitu Yordania. Dan ini merupakan lereng yang panjang sekitar dua mil (Mu'jam al-Buldan).

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Qishshatu al-Masiihi ad-Dajjaali wa Nuzuuli 'Isa 'alaihish shalaatu was salaamu wa Qatlihi Iyyaahu, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Penerbit: Maktabah al-Islamiyyah, 'Amman - Yordan, Cetakan I, 1421 H, Judul terjemahan: Kisah dajjal dan turunnya 'Isa 'alaihis salam untuk membunuhnya, Penerjemah: Beni Sarbeni, Penerbit: Pustaka Imam asy-Syafi'i, Cetakan I, 1426 H/ 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog