Skip to main content

Tafsir Surat al-'Ashr | Syarah Tsalatsatul Ushul

Syarh Tsalaatsatil Ushuul.

Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah.

Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah.

Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman.

Syarah Tsalaatsatul Ushuul.
Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam.
Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim.

Syarah Tsalatsatul Ushul.

Dalilnya adalah firman Allah 'Azza wa Jalla, "Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, mengerjakan amal shalih serta nasihat-menasihati untuk menegakkan kebenaran dan nasihat-menasihati untuk menetapi kesabaran." 1)

===

Syarah:

1) Maksud penulis adalah surat ini merupakan dalil mengenai keempat tahapan yang telah disebutkan. Allah telah bersumpah dalam surat ini dengan masa yang di dalamnya terjadi peristiwa yang baik maupun yang buruk. Allah 'Azza wa Jalla bersumpah dengan masa bahwa setiap manusia pasti merugi, kecuali siapa yang memiliki 4 sifat ini, yakni iman, amal shalih, saling menasihati supaya menaati kebenaran, dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, "Berjihad terhadap nafsu itu ada 4 tingkatan:

Pertama: Memaksanya untuk bersungguh-sungguh mempelajari petunjuk dan agama Islam yang benar ini, dimana ia tidak akan memperoleh kebahagiaan di dunia maupun di akhirat kecuali dengan petunjuk dan agama tersebut.

Kedua: Memaksanya untuk bersungguh-sungguh mengamalkannya setelah mengetahuinya.

Ketiga: Memaksanya untuk bersungguh-sungguh mendakwahkan dan mengajarkannya kepada yang tidak mengetahuinya.

Keempat: Memaksanya untuk sungguh-sungguh bersabar terhadap kesukaran dan gangguan manusia dalam da'wah ilallah serta menanggung semua itu dengan mengharap ridha Allah. Jika seseorang telah menyempurnakan keempat tingkatan ini, maka ia termasuk golongan Rabbaaniyyiin."

Dalam surat al-'Ashr ini, Allah 'Azza wa Jalla bersumpah dengan masa bahwa semua manusia dalam keadaan merugi, meskipun memiliki banyak harta dan anak, serta kedudukan yang sangat terhormat, kecuali siapa yang memiliki keempat sifat berikut ini secara lengkap:

Yang pertama: Iman, yang meliputi setiap keyakinan yang benar dan ilmu yang bermanfaat yang mendekatkan kepada Allah 'Azza wa Jalla.

Yang kedua: Amal shalih, yaitu semua perkataan dan perbuatan yang mendekatkan kepada Allah. Syaratnya, pelaku melakukannya dengan ikhlas untuk mencari ridha Allah dan mengikuti Sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Yang ketiga: Saling berwasiat untuk menegakkan kebenaran, artinya saling menasihati dan menganjurkan untuk melaksanakan kebaikan.

Yang keempat: Saling menasihati untuk menetapi kesabaran, artinya saling menasihati untuk bersabar dalam melaksanakan perintah Allah 'Azza wa Jalla, meninggalkan hal-hal yang diharamkan oleh Allah, dan menanggung takdir-takdir Allah.

Saling menasihati dalam menegakkan kebenaran dan saling menasihati untuk menetapi kesabaran, juga meliputi tindakan amar makruf dan nahi munkar. Dengan amar makruf nahi munkar inilah sebuah ummat akan berdiri kokoh, baik, dan memperoleh pertolongan Allah 'Azza wa Jalla, serta mendapatkan kemuliaan dan keutamaan.

"Kamu adalah ummat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah..." (QS. Ali 'Imraan [3]: 110)

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Syarh Tsalaatsatil Ushuul, Penulis Matan: Syaikhul Islam Muhammad bin 'Abdul Wahhab rahimahullah, Penulis Syarah: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah, Penyusun: Syaikh Fahd bin Nashir bin Ibrahim as-Sulaiman, Penerbit: Darul Tsarya, Riyadh - Kerajaan Arab Saudi, Cetakan III, Tahun 1997 M, Judul Terjemahan: Syarah Tsalaatsatul Ushuul (Mengenal Allah, Rasul dan Dinul Islam, Penjelasan Singkat Tentang Ilmu-ilmu yang Wajib Diketahui Setiap Muslim), Penerjemah: Hawin Murtadlo, Salafuddin Abu Sayyid, Editor: Muhammad Albani, Penerbit: Al-Qowam, Sukoharjo - Indonesia, Cetakan XIII, Maret 2016 M.

===

Wakaf dari Ibu Anny - Jakarta untuk Perpustakaan Baitul Kahfi Tangerang.
Semoga Allah menjaganya dan memudahkan segala urusan kebaikannya.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog