Skip to main content

Mukaddimah | Berkurban Cara Nabi

Talkhishu Kitabi Ahkamil 'Udhhiyah wadz Dzakat.

Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullaah.

Berkurban Cara Nabi (shallallaahu 'alaihi wa sallam).

Mukaddimah.

Segenap puji hanya bagi Allah. Kami memuji Dia, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, serta bertaubat kepada-Nya. Kami juga berlindung kepada Allah dari segala kejahatan diri kami dan dari keburukan perbuatan kami. Barangsiapa yang diberi hidayah oleh Allah, maka tidak ada yang menyesatkannya, dan siapa saja yang disesatkan oleh Allah, maka tidak ada yang memberinya hidayah.

Saya bersaksi bahwa tidak ada ilah kecuali Allah, Yang Maha Esa, dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Saya juga bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada beliau, kepada keluarga dan para Sahabatnya serta para pengikutnya dengan penuh ihsan dan salam yang banyak.

Amma ba'du.

Penulis telah menulis sebuah buku khusus yang panjangnya mencapai 93 halaman tentang hukum 'udhhiyah (berkurban) dan menyembelih, berikut ikhtilaf (keragaman pendapat) yang terjadi di dalamnya. Karena buku tersebut terlalu panjang bagi sidang pembaca, maka penulis memandang perlu untuk meringkasnya dengan menyisihkan bagian yang dianggap kurang penting. Kepada Allah Ta'ala penulis memohon, semoga upaya ini menjadi amal yang ikhlas semata karena Allah dan sebagai penjelas syari'at-Nya serta bermanfaat bagi kita dan kaum Muslimin. Sesungguhnya Dia Maha Pemurah lagi Mahamulia.

Rangkuman ini meliputi: Definisi 'udhhiyah (berkurban) dan hukumnya, Syarat-syarat 'udhhiyah, Jenis dan sifat 'udhhiyah yang paling afdhal dan yang dimakruhkan, Orang yang dinilai sah dalam 'udhhiyah-nya, Hal-hal yang dengannya 'udhhiyah menjadi sah, Daging 'udhhiyah yang dimakan dan yang didistribusikan, Yang harus dihindari oleh orang yang ingin berkurban, Menyembelih hewan kurban dan syarat-syaratnya, Adab menyembelih, Yang dimakruhkan dalam penyembelihan.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Talkhishu Kitabi Ahkamil 'Udhhiyah wadz Dzakat, Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullaah, Penerbit: Darul Muslim, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Berqurban Cara Nabi (shallallaahu 'alaihi wa sallam), Penerjemah: Nabhani Idris Lc, penyunting: Makmun Nawawi, Penerbit: Robbani Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Syawwal 1425 H/ Desember 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog