Skip to main content

Tempat Ruh di Alam Barzakh (3) | Alam Kubur | Misteri Kematian, Menguak Fenomena Kematian dan Rentetan Peristiwa Dahsyat Menjelang Kiamat

Ar-Riyad an-Naadirah fii Shahiih ad-Daaril Akhirah.

Syaikh Dr. Ahmad Musthafa Mutawalli.

Misteri Kematian.

Menguak Fenomena Kematian dan Rentetan Peristiwa Dahsyat Menjelang Kiamat.

Alam Kubur.

Tempat Ruh di Alam Barzakh (3).

Ketiga: Ruh orang-orang mukmin shalih.

Disebutkan dalam al-Muwaththa` bahwa Ka'ab bin Malik bercerita, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Sesungguhnya ruh orang Mukmin adalah burung yang bertengger di pohon Surga hingga Allah mengembalikan ke jasadnya pada hari kebangkitan." (171)

Pensyarah kitab ath-Thahawiyah menjelaskan, sabda "Ruh orang Mukmin," mencakup syahid dan lainnya, setelah itu syahid disebut secara khusus dalam sabda "Di dalam perut burung." Seperti yang diketahui, karena berada di dalam perut burung, berarti dapat dibenarkan bahwa burung yang dimaksud adalah burung sungguhan, sehingga bisa dimasukkan dalam keumuman hadits lain dengan asumsi seperti itu. Sehingga bagian kenikmatan mereka di alam barzakh lebih sempurna daripada yang didapatkan mayit lain yang berada di atas hamparan permadani. (172)

===

(171) Al-Muwaththa`, dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam as-Silsilah ash-Shahihah, hadits nomor 995.

(172) Syarh ath-Thahawiyah, hal. 404.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: ar-Riyad an-Naadirah fii Shahiih ad-Daaril Akhirah, Penulis: Syaikh Dr. Ahmad Musthafa Mutawalli, Ta'liq: Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun. Judul terjemahan: Seri ke-1 (Serial Trilogi Alam Akhirah) Misteri Kematian, Menguak fenomena kematian dan rentetan peristiwa dahsyat menjelang Kiamat, Penerjemah: Umar Mujtahid Lc, Penerbit: Darul Ilmi Publishing, CV Darul Ilmi, Bogor - Indonesia, Cetakan Kedua, Rabiul Akhir 1434 H/ Februari 2013 M.

===

Popular posts from this blog