Skip to main content

Nyeri Wajah Trigeminal | Gangguan dan Nyeri pada Otot, Tulang, dan Sendi | Bekam Untuk 100 Penyakit | Sembuh dengan Satu Titik

Sembuh dengan Satu Titik.

dr. Wadda' A. Umar.

Bagian Ketiga.

Bekam Untuk 100 Penyakit.

Gangguan dan Nyeri pada Otot, Tulang, dan Sendi.

4. Nyeri Wajah Trigeminal.

Nyeri wajah Trigeminal atau Trigeminal neuralgia adalah nyeri di tempat-tempat yang dilewati syaraf n. Trigeminus.

Keluhannya adalah berupa nyeri di wajah yang berat dan tajam, menyengat seperti tersetrum, timbulnya mendadak, berlangsung singkat beberapa detik hingga beberapa menit. Nyeri sering kambuh dan umumnya mengenai daerah sekitar rahang atas dan rahang bawah hingga ke wajah. Nyeri pertama berlangsung sekitar setengah menit, dan berikutnya dapat berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit. Bila tidak kambuh, maka rasa nyeri tidak terasa.

Penyebabnya adalah gangguan pada syaraf Trigeminus yang dipicu oleh gosok gigi, mengunyah makanan, menguap, menelan, mengusap wajah, hidung, sudut mulut dan pipi. Bisa juga sebelumnya mengalami patah tulang di wajah.

Titik Pengobatan.

Untuk keluhan-keluhan di sekitar pipi dan rahang atas, dipakai titik di depan telinga, antara sudut mata dengan lubang telinga. Titik ini terbukti sangat bermanfaat mengobati nyeri rahang atas dan rahang bawah. Untuk nyeri di sekitar mata dipilih titik di dahi, yaitu di atas pertengahan lengkung alis mata, satu garis sejajar dengan manik-manik mata bila mata melihat lurus ke depan.

Bisa dilakukan bekam pada satu titik sesuai keluhan yang timbul. Bila keluhan di sebelah kiri, maka dilakukan bekam di dahi sebelah kiri. Bila keluhan di sebelah kanan, dilakukan bekam di dahi sebelah kanan, atau bisa juga dibekam keduanya, di dahi kiri dan titik kanan.
===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Editor: Effendy Abu Ahmad, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog