Skip to main content

Nyeri Kepala | Gangguan dan Nyeri pada Otot, Tulang, dan Sendi | Bekam Untuk 100 Penyakit | Sembuh dengan Satu Titik

Sembuh dengan Satu Titik.

dr. Wadda' A. Umar.

Bagian Ketiga.

Bekam Untuk 100 Penyakit.

Gangguan dan Nyeri pada Otot, Tulang, dan Sendi.

1. Nyeri Kepala.

Nyeri kepala atau sefalgia adalah rasa sakit atau rasa tidak enak yang terjadi di bagian atas dari kepala dan kadang-kadang menyebar ke wajah, gigi, rahang, leher, mata, hidung, atau telinga.

Keluhannya berupa rasa tidak enak, rasa berat, menusuk-nusuk, atau berdenyut yang bisa diikuti dengan mual, muntah, dan wajah kemerahan.

Titik Pengobatannya.

Dapat dilakukan bekam di kanan dan kiri tengkuk, di tengah-tengah antara batas rambut bagian belakang dan telinga bagian bawah. Yakni pada pertengahan ujung otot Sternokleidomastoideus dan otot Trapezius.

Titik ini sangat baik untuk bekam, karena merupakan pertemuan banyak persyarafan kepala, pembuluh darah, dan pertemuan otot-otot penting leher dan kepala. Selain itu, juga dapat meningkatkan chi dan aliran darah melingkari titik ini.

Bisa dilakukan bekam pada satu titik sesuai keluhan yang timbul. Bila keluhan di sebelah kiri, maka dilakukan bekam di sebelah kiri tengkuk, bila keluhan di sebelah kanan, dilakukan bekam di sebelah kanan tengkuk, atau bisa juga dibekam keduanya di kiri dan kanan tengkuk.

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Editor: Effendy Abu Ahmad, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog