Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Surat al-Baqarah (31-33/4)

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Surat al-Baqarah (31-33/4)

Bukti Keutamaan Adam ('alayhis salaam) dengan Ilmu-Nya

Firman Allah Sub-haanahu wa Ta'aala:

"Allah berfirman: 'Hai Adam, beritahukan kepada mereka nama-nama benda ini.' Maka setelah diberitahukannya nama-nama benda itu, Allah berfirman: 'Bukankah sudah Kukatakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?'" Zaid bin Aslam mengatakan, "Adam berkata: 'Engkau Jibril, engkau Mikail, engkau Israfil' dan seluruh nama-nama hingga burung gagak." (140)

Mengenai firman Allah Sub-haanahu wa Ta'aala: "Allah berfirman: 'Hai Adam, beritahukan kepada mereka nama-nama benda ini,'" Mujahid mengatakan: "Yaitu nama-nama burung merpati, burung gagak, dan nama-nama segala sesuatu." (141)

Hal serupa juga diriwayatkan dari Sa'id bin Jubair, al-Hasan, dan Qatadah. (142)

Setelah keutamaan Adam 'alayhis salaam atas para Malaikat terbukti dengan kemampuannya menyebutkan seluruh nama yang diajarkan oleh Allah kepadanya, maka Allah berfirman kepada para Malaikat:

"Bukankah sudah Kukatakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?" Yakni, bukankah telah Aku katakan kepada kalian bahwa Aku Maha Mengetahui segala yang ghaib baik yang nampak maupun yang tersembunyi, sebagaimana Dia berfirman: "Dan jika kamu mengeraskan ucapanmu, maka sesungguhnya Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi." (QS. Thaahaa: 7)

Dan juga firman-Nya tentang ucapan burung Hudhud kepada Nabi Sulaiman ('alayhis salaam):

"Agar mereka tidak menyembah Allah yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi dan yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. Allah, tidak ada yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Dia, Rabb yang mempunyai 'Arsy yang besar." (QS. An-Naml: 25-26)

Dan juga pendapat lain tentang firman Allah: "Dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan," selain apa yang telah kami sebutkan.

Adh-Dhahhak meriwayatkan dari Ibnu 'Abbas (ra-dhiyallaahu 'anhuma) tentang firman Allah: "Dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan," ia mengatakan, "Allah berfirman: 'Aku mengetahui perkara yang tersembunyi sebagaimana Aku mengetahui perkara yang nyata,' yakni apa yang disembunyikan oleh iblis dalam hatinya berupa kesombongan dan pembangkangan." (143)

Abu Ja'far ar-Razi meriwayatkan dari ar-Rabi' bin Anas, ia berkata tentang ayat: "Dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan," "Adapun yang mereka lahirkan adalah ucapan mereka: 'Mengapa Engkau hendak menjadikan khalifah di muka bumi ini orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah?' Sedangkan yang mereka sembunyikan adalah ucapan mereka: 'Tidaklah Rabb kami menciptakan suatu makhluk melainkan kami lebih mengetahui dan lebih mulia darinya.' Maka akhirnya mereka mengetahui bahwa Allah mengutamakan Adam ('alayhis salaam) atas mereka dalam hal ilmu dan kemuliaan."

===

(140) Ibnu Abi Hatim 1/118.

(141) Ibnu Abi Hatim 1/119.

(142) Ibnu Abi Hatim 1/119.

(143) Tafsiir ath-Thabari 1/498.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Edit Isi: Abu Ahsan Sirojuddin Hasan Bashri Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Cetakan Keempat Belas, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog