Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (110)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari

Ringkasan Shahih Bukhari

Kitaabul wudhu'

4. Kitab Wudhu'

33. Bab: Air yang Digunakan untuk Mencuci Rambut Manusia

33. (104) Atha' berpendapat bahwa tidak mengapa membuat benang dan tali dari rambut. Dalam bab ini disebutkan pula tentang jilatan anjing dan lewatnya anjing di dalam masjid.

34. (105) Az-Zuhri berkata, "Jika seekor anjing menjilat air bejana seseorang yang tidak mempunyai air wudhu selain itu, maka ia boleh berwudhu dengannya."

35. (106) Sufyan berkata, "Ini adalah pemahaman yang serupa, dan Allah Ta'ala berfirman, 'Dan apabila kamu tidak menemukan air, maka bertayamumlah kalian.' Demikian tentang air, yaitu untuk bersuci dengannya, yakni berwudhu dan karena alasan tertentu maka bisa tayamum."

110. Dari Ibnu Sirin, ia berkata, "Aku berkata kepada 'Abidah, 'Kami memiliki rambut Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam yang kami peroleh dari Anas atau keluarga Anas.' Ia berkata, 'Memiliki rambut itu lebih aku sukai daripada dunia dan seisinya.'"

===

(104) Disebutkan secara bersambung oleh al-Fakihi dalam Akhbar Makkah dengan sanad shahih darinya, yaitu Atha' Ibnu Abi Rabah.

(105) Diriwayatkan al-Walid bin Muslim dalam mushannafnya dan oleh Ibnu 'Abdil Barr dari jalurnya dengan sanad shahih.

(106) Diriwayatkan oleh al-Walid bin Muslim darinya, yaitu ats-Tsauri.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

ATAP BAJA RINGAN MURAH
Anda membutuhkan atap baja ringan murah di Tangerang? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog