Skip to main content

Anda dan Harta: Sebab-sebab Terjaganya Harta dan Bertambahnya Harta: Berjuang dengan Harta dan Jiwa

Anta wa Maala

Anda dan Harta

Sebab-sebab Terjaganya Harta dan Bertambahnya Harta

6. Berjuang dengan Harta dan Jiwa

Allah telah menjadikan manusia, dan Allah mengetahui bahwa harta merupakan sesuatu yang berharga di hati para makhluk. Mereka selalu siap melakukan apa saja demi mendapatkan harta, seperti dengan jalan berdagang.

Allah berfirman,

"Wahai orang-orang yang beriman, maukah kalian Aku tunjukkan pada perdagangan yang akan menyelamatkan kalian dari adzab yang pedih? Yaitu, kalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, berjuang di jalan Allah dengan harta dan jiwa kalian. Yang demikian itu baik bagi kalian jika kalian mengetahui. Dia akan mengampuni dosa-dosa kalian dan memasukkan kalian ke dalam Surga-surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, dan tempat-tempat yang indah di Surga Adn. Itulah kesuksesan yang besar. Dan yang lainnya yang kalian suka. Kemenangan dari Allah dan pembebasan yang dekat, maka berilah kabar gembira pada orang-orang yang beriman." (QS. Ash-Shaf: 10-13)

Jihad (berjuang) di jalan Allah dengan harta dan jiwa adalah perdagangan yang dijamin keuntungannya. Allah memberitahukan bahwa jihad adalah baik bagi kita, maka wajib bagi kita untuk beriman dengan iman yang sesungguhnya. Jihad merupakan sebab kesuksesan dengan mendapatkan sesuatu yang besar di dunia dan akhirat. Allah pun memberitahu kita bahwa Dia telah membeli harta-harta dan jiwa-jiwa orang-orang mukmin dan memberi kabar gembira pada kita bahwa jual beli ini adalah jual beli dan perdagangan yang menguntungkan.

Allah berfirman,

"Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin harta-harta dan jiwa-jiwa mereka, dan sesungguhnya mereka mendapatkan Surga. Berperang di jalan, maka mereka membunuh atau terbunuh. Janji yang benar dari-Nya di dalam Taurat, Injil dan al-Qur-an. Siapa yang lebih menepati janji dari Allah? Maka gembiralah dengan jual beli kalian dengan-Nya. Itulah kesuksesan yang besar." (QS. At-Taubah: 111)

Allah berfirman,

"Berangkatlah, berat atau ringan. Berjuanglah di jalan Allah. Yang demikian itu lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui." (QS. At-Taubah: 41)

Yakni, jika kalian berjuang dengan harta kalian dan kalian mendermakan sebagian harta untuk berjuang, maka itu lebih baik bagi kalian di dunia dan di akhirat. Karena Allah merampas harta musuh-musuh kalian dan menyerahkannya pada kalian. Kalian mendapatkan yang lebih banyak dari harta yang kalian dermakan di dunia. Apalagi kalian akan mendapatkan pahala yang banyak. Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Allah menjamin orang yang berjuang di jalan-Nya, yang tidak keluar dari rumahnya kecuali untuk berjuang di jalan-Nya dan membenarkan kalimat-Nya, dengan memasukkan ke dalam Surga atau mengembalikannya ke rumahnya dengan membawa ganjaran dan rampasan perang." (1)

===

(1) HR. Muslim, kitab al-Imarah.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Anta wal maala, Penulis: Syaikh Adnan ath-Tharsyah, Penerbit: Maktabah Wahbah - Kairo, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun. Judul terjemah: Anda dan harta, Penerjemah: Taufik Damas Lc, Editor: H. Abdurrahman Kasdi Lc, Penerbit: Pustaka al-Kautsar, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Juli 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog