Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Al-Baqarah, Ayat 34 (2)

Al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Al-Baqarah, Ayat 34 (2)

Kesombongan iblis

Mengenai firman Allah Sub-haanahu wa Ta'aala: "Maka sujudlah mereka kecuali iblis; ia enggan dan takabbur dan ia termasuk golongan orang-orang yang kafir," Qatadah berkata: "Musuh Allah, iblis, merasa iri kepada Adam 'alayhis salaam karena kemuliaan yang diberikan kepadanya. Dia mengatakan: 'Aku diciptakan dari api dan ia diciptakan dari tanah.' Dan dosa yang pertama kali terjadi adalah kesombongan musuh Allah, iblis, yang menolak untuk sujud kepada Adam 'alayhis salaam." (148)

Aku (Ibnu Katsir) katakan: "Dalam sebuah hadits shahih ditegaskan:

'Tidak akan masuk Surga orang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan, meskipun hanya sebesar biji sawi.' (149)

Di dalam hati iblis terdapat kesombongan, kekufuran dan keingkaran yang menyebabkannya terusir dan terjauh dari rahmat Allah dan hadirat Ilahi."

Ketaatan Ditujukan Kepada Allah dengan Cara Bersujud Kepada Adam

Tentang firman Allah: "Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat: 'Sujudlah kamu kepada Adam,'" Qatadah mengatakan: "Ketaatan itu untuk Allah, sedangkan sujud ditujukan kepada Adam. Allah memuliakan Adam dengan memerintahkan para Malaikat untuk sujud kepadanya." (146)

Sebagian orang mengatakan bahwa sujud tersebut adalah penghormatan, penghargaan dan pemuliaan. Sebagaimana Allah Ta'ala berfirman:

"Dan ia menaikkan kedua ibu-bapaknya ke atas singgasana. Dan mereka (semuanya) merebahkan diri seraya sujud kepada Yusuf. Dan Yusuf berkata: 'Wahai ayahku, inilah tabir mimpiku yang dahulu; sesungguhnya Rabbku telah menjadikannya suatu kenyataan.'" (QS. Yusuf: 100)

Hal ini disyari'atkan bagi ummat-ummat terdahulu (sebelum ummat Muhammad shallallaahu 'alaihi wa sallam). Namun, cara penghormatan seperti ini telah dihapuskan dalam agama kita.

Mu'adz mengatakan: "Aku pernah datang ke negeri Syam. Setibanya di sana aku saksikan mereka sujud kepada para pendeta dan pemuka agama mereka. Lalu aku katakan: "Wahai Rasulullah, engkau lebih berhak dijadikan tempat bersujud." Maka beliau (shallallaahu 'alaihi wa sallam) bersabda:

"Tidak, seandainya aku dibolehkan untuk memerintahkan manusia untuk sujud kepada orang lain, niscaya akan aku perintahkan seorang isteri untuk sujud kepada suaminya, karena besarnya hak suami atas isterinya." (147)

Makna inilah yang dikuatkan oleh ar-Razi.

===

(146) Tafsiir ath-Thabari (1/502).

(147) At-Tirmidzi (no. 1159) dan al-Majma' (Majma'uz Zawaa-id) (4/310). [Shahih: Diriwayatkan juga oleh Ibnu Hibban dalam Shahihnya (no. 4171), cet. Muassasah ar-Risalah, Beirut, th. 1414 H. Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahiihul Jaami' (no. 5294)].

(148) Ibnu Abi Hatim (1/123).

(149) Muslim (1/93). [Muslim (no. 91)].

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Edit Isi: Abu Ahsan Sirojuddin Hasan Bashri Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Cetakan Keempat Belas, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

DAFTAR HARGA ATAP BAJA RINGAN
Anda membutuhkan daftar harga atap baja ringan di Tangerang? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog