Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (107)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari

Ringkasan Shahih Bukhari

Kitaabul wudhu'

4. Kitab Wudhu'

30. Bab: Membasuh Kedua Kaki yang Mengenakan Sandal, dan Tidak Hanya Mengusap Sandalnya Saja. (101)

107. Dari 'Ubaid bin Juraij, bahwasanya ia berkata kepada 'Abdullah bin 'Umar (ra-dhiyallaahu 'anhuma), "Wahai Abu 'Abdirrahman, aku melihat engkau melakukan empat perkara, dimana aku lihat tak seorang pun di antara Shahabatmu yang melakukannya." Ibnu 'Umar berkata, "Apakah itu wahai Ibnu Juraij?" Ibnu Juraij berkata, "Aku lihat engkau tidak menyentuh semua sudut Ka'bah kecuali dua sudut yang menghadap ke Yaman. Aku lihat engkau memakai sandal sibtiyah (sandal kulit yang tidak berbulu), dan aku melihat engkau mencelup pakaian dengan warna kuning sedangkan jika di Makkah, orang-orang telah berihram sejak melihat hilal, dan engkau tidak berihram hingga hari tarwiyah (8 Dzulhijjah) [Maka 7/48]." 'Abdullah berkata, [kepadanya] "Adapun mengenai sisi-sisi Ka'bah itu, sesungguhnya aku tidak pernah melihat Rasulullah (shallallaahu 'alaihi wa sallam) menyentuh kecuali dua sudut yang menghadap ke Yaman. Adapun sandal sibtiyah karena sesungguhnya aku melihat Rasulullah (shallallaahu 'alaihi wa sallam) memakai sandal yang tidak berbulu lalu berwudhu dengan memakai sandal itu, maka aku suka memakainya. Mengenai mencelup pakaian dengan warna kuning, karena aku melihat Rasulullah (shallallaahu 'alaihi wa sallam) mencelup dengan warna tersebut, maka aku suka untuk mencelup dengan warna itu. Sedangkan mengenai ihram, karena sesungguhnya aku tidak pernah melihat Rasulullah (shallallaahu 'alaihi wa sallam) berihram hingga kendaraannya siap berangkat."

===

(101) Aku katakan, "Tampaknya ini tidak ditetapkan dalam pandangan pengarang berdasarkan syaratnya, yaitu tentang mengusap sandal, namun menurutnya itu benar dari Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam dan dari beberapa Shahabat (ra-dhiyallaahu 'anhum). Silakan mengecek komentar kami dalam Risalah 'Ala al-Jaurabain karya al-Qasimi, halaman 47-50, terbitan al-Maktab al-Islami.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

HARGA RANGKA BAJA RINGAN
Anda membutuhkan harga rangka baja ringan di Tangerang? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog