Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: 10 Langkah Melakukan Bekam (4)

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Kedua

Cara Membekam yang Efektif

10 Langkah Melakukan Bekam

Langkah Keempat: Memeriksa Pasien

Tujuan memeriksa pasien adalah untuk membuktikan apakah yang dikeluhkan pasien itu benar atau tidak. Selain itu, apakah keluhan tersebut juga diikuti dengan kelainan fisik. Karena pada beberapa kasus, banyak pasien mengeluhkan suatu penyakit, namun ketika dicocokkan dengan fisiknya ternyata tidak sesuai dengan yang dikeluhkan. Di samping itu, juga sering terdapat kelainan pada fisiknya, namun pasien tidak mengeluhkannya. Pemeriksaan fisik yang dilakukan adalah:

1. Pemeriksaan umum, meliputi: tekanan darah, nadi, suhu, pernafasan, lidah, iris, dan telapak tangan. Pemeriksaan ini bisa memakai cara diagnosis modern maupun tradisional. Yang penting adalah bisa untuk mengetahui kelainan fisik pasien.

2. Pengamatan, pendengaran, dan penciuman dari daerah keluhan dan dari masing-masing organ. Pengamatan ditujukan untuk mendapatkan kesan keseluruhan dari pasien, meliputi: ekspresi muka, sinar wajah, bentuk atau sikap pasien.

3. Perabaan, penekanan, atau pengetukan sekitar keluhan, dan perabaan pada organ lain. Pada beberapa kasus, dengan perabaan atau penekanan pada tempat keluhan dapat diketahui keadaan penyakitnya. Apabila ditekan terasa sakit, maka penyakitnya bersifat hiper atau kelebihan fungsi. Sedangkan bila ditekan enak, maka penyakitnya bersifat lemah atau berkurangnya fungsi. Selain itu, perlu juga mendengarkan suara pasien, misalnya suara batuk lemah, merintih, dan lain-lain yang menunjukkan tubuh dalam keadaan lemah. Suara keras dan batuk keras menandakan tubuh dalam keadaan kuat (hiper).

4. Mengecek fungsi tubuh. Misalnya pasien mengeluh tangannya nyeri. Maka bisa dicek, apakah tangannya bisa digerakkan ataukah tidak. Apabila digerakkan bertambah nyeri, berarti penyakitnya bersifat hiper atau kelebihan fungsi, cara pengobatannya adalah dengan dikurangi atau dilemahkan fungsinya. Sedangkan bila digerakkan bertambah enak, berarti penyakitnya bersifat lemah. Cara mengobatinya adalah dengan menguatkan meridian atau organ yang lemah tadi.

5. Apabila memungkinkan, bisa juga dilakukan pemeriksaan lainnya, misalnya pemeriksaan secara tradisional seperti memeriksa iris mata (iridiology), lidah, telinga, telapak tangan; atau melakukan pemeriksaan medis modern, misalnya: laboratorium, radiology, CT-scan, MRI, dan lain sebagainya.

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Editor: Effendy Abu Ahmad, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

RANGKA BAJA RINGAN TERBAIK
Anda membutuhkan rangka baja ringan terbaik di Tangerang? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog