Skip to main content

Anda dan Harta: Sebab-sebab Terjaganya Harta dan Bertambahnya Harta: Silaturahim

Anta wa Maala

Anda dan Harta

Sebab-sebab Terjaganya Harta dan Bertambahnya Harta

5. Silaturahim

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa yang ingin rezekinya diperluas dan diperpanjang umurnya, maka sambunglah tali silaturahim." (1)

Islam mengajak untuk menyambung tali silaturahim yang akan berakibat pada luasnya rezeki. Makna luasnya rezeki adalah berkahnya rezeki itu. Menyambung tali persaudaraan adalah shadaqah, dan shadaqah memperbanyak harta dan mengembangkannya.

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Kenalilah orang-orang yang satu nasab (memiliki hubungan persaudaraan berdasarkan hubungan darah) dengan kalian, kemudian sambunglah tali persaudaraan itu. Sesungguhnya menyambung tali persaudaraan adalah melahirkan kecintaan antar keluarga, mempengaruhi harta dan memperpanjang umur." (2)

Jadi Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam memerintahkan untuk mengenal saudara dan kemudian melakukan silaturahim dengan mereka. Yang demikian itu akan menambah rezeki, menambah kecintaan di antara keluarga dan memperpanjang umur.

===

(1) HR. Al-Bukhari, kitab al-Adab.

(2) Shahih Sunan at-Tirmidzi 1612.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Anta wal maala, Penulis: Syaikh Adnan ath-Tharsyah, Penerbit: Maktabah Wahbah - Kairo, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun. Judul terjemah: Anda dan harta, Penerjemah: Taufik Damas Lc, Editor: H. Abdurrahman Kasdi Lc, Penerbit: Pustaka al-Kautsar, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Juli 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog