Skip to main content

Aqidah Salaf Ashabul Hadits (4)

'Aqiidatus Salaf Ash-haabul Hadiits

Aqidah Salaf Ashabul Hadits

Keyakinan Ashhabul Hadits Tentang Sifat-sifat Allah 'Azza wa Jalla

4 - Mereka (Ashhabul Hadits) juga menyatakan kebenaran sifat-sifat Allah 'Azza wa Jalla yang disebutkan dalam al-Qur-an (22) maupun hadits-hadits shahih. Di antaranya: pendengaran, penglihatan, mata, wajah, 'ilmu, kekuatan, kekuasaan, keperkasaan, keagungan, kehendak, keinginan (23), perkataan, ucapan, keridhaan, kemarahan, hidup, terjaga (24), gembira, tertawa dan lain-lain. Tanpa menyerupakan sedikitpun di antaranya dengan sifat-sifat makhluk ciptaan-Nya. Tapi sebaliknya, mereka membatasi diri hanya pada apa yang dikatakan Allah dan Rasul-Nya, tanpa menambah, mengembel-embeli (25), mereka-reka bentuknya, menyerupakan atau menyimpangkan pengertiannya, mengganti, merubah atau membuang ungkapan berita yang biasa dipahami dan digunakan orang-orang Arab untuk kemudian menakwilkannya dengan cara yang salah. Mereka menafsirkannya berdasarkan zhahirnya [yaitu menurut bahasa Arab yang asli, -pent]. Lalu menyerahkan hakikat pengertian yang sesungguhnya kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala. Dan mengatakan bahwa hakikat yang sesungguhnya hanyalah diketahui oleh Allah 'Azza wa Jalla. Sebagaimana yang diberitakan oleh Allah Subhaanahu wa Ta'aala dalam al-Qur-an tentang orang-orang yang mendalam keilmuannya:

"Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: 'Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu dari sisi Rabb kami.' Dan tidak dapat mengambil pelajaran [daripadanya] melainkan orang-orang yang berakal."
(Qur-an Surat Ali 'Imran: ayat 7)

===

(22) Dalam manuskrip tercantum: "...dan para Ash-haabul hadits menetapkan bagi Allah segala yang difirmankan-Nya..."

(23) Dalam manuskrip tercantum: "...keinginan dan kehendak..."

(24) Dalam manuskrip tercantum: "...kecintaan dan kebencian..."

(25) Dalam manuskrip tercantum: "...tanpa mengembel-embeli dan menambahkan..."

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: 'Aqiidatu as-Salaf Ash-haabu al-Hadiits, Penulis: Syaikhul Islam Abu Isma'il 'Abdurrahman bin Isma'il ash-Shabuni rahimahullaah, Pentahqiq: Badar bin 'Abdullah al-Badar, tanpa keterangan penerbit, cetakan dan tahun. Judul terjemahan: 'Aqidah Salaf Ashabul Hadits, Penerjemah: Abu Umar Basyir al-Maidani, Penerbit: at-Tibyan, Solo - Indonesia, tanpa keterangan cetakan dan tahun.

===

Pertama kali disalin pada 1 Maret 2015 pk. 20:25 WIB, dan diedit sesuai buku rujukan pada hari ini.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog