Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (109)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari

Ringkasan Shahih Bukhari

Kitaabul wudhu'

4. Kitab Wudhu'

32. Bab: Mencari Air Wudhu Bila Tiba Waktu Shalat

44. (102) 'Aisyah (ra-dhiyallaahu 'anhuma) berkata, "Ketika waktu Shubuh tiba, air dicari tapi tidak ada, maka turunlah ketentuan tayammum."

109. Dari Anas bin Malik (ra-dhiyallaahu 'anhu), ia berkata, "Aku melihat Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam ketika tiba waktu shalat 'Ashar, sementara orang-orang sedang mencari air tapi tidak menemukannya [lalu berdirilah orang yang tinggal di rumah dekat masjid 4/170] [menuju keluarganya 1/57] [untuk wudhu, tinggal orang-orang yang belum]. Lalu Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam dibawakan air wudhu, dan beliau memasukkan tangannya ke dalam tempat wudhu itu (dalam riwayat lain: Lalu Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam dibawakan air dengan tempat air yang terbuat dari batu, lalu beliau memasukkan telapak tangannya, tapi tempat itu tidak dapat menampung telapak tangan beliau, maka beliau pun mengepalkan jari-jarinya lalu memasukkannya ke dalam tempat tersebut). Selanjutnya beliau (shallallaahu 'alaihi wa sallam) menyuruh orang-orang untuk berwudhu dari tempat itu. Aku lihat air mengalir dari bawah jari-jari beliau (shallallaahu 'alaihi wa sallam), sehingga mereka pun bisa wudhu semuanya." [Kami tanyakan, "Berapa jumlah kalian pada waktu itu?" Ia menjawab, "Delapan puluh bahkan lebih."] (103)

===

(102) Ini adalah bagian dari haditsnya yang akan disebutkan secara maushul pada kitab ke 7 bab 1.

(103) Aku katakan, "Kisah ini adalah selain kedua kisah yang akan disebutkan pada kitab ke 61 bab 25. Pada salah satu kisah tersebut disebutkan bahwa jumlah kaum tersebut hampir tiga ratus, sementara dalam riwayat lainnya disebutkan bahwa kisah ini terjadi dalam suatu perjalanan dekat masjid.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

HARGA RANGKA BAJA RINGAN
Anda membutuhkan harga rangka baja ringan di Tangerang? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog