Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Al-Baqarah, Ayat 35-36

Al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Al-Baqarah, Ayat 35-36

Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu Surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zhalim. (QS. 2: 35) Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari Surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: "Turunlah kamu! Sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian lainnya, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan." (QS. 2: 36)

Pemuliaan yang Lain bagi Adam

Allah Sub-haanahu wa Ta'aala mengabarkan tentang kemuliaan yang Dia karuniakan kepada Adam 'alayhis salaam, yakni setelah Dia memerintahkan para Malaikat untuk sujud kepada Adam, lalu mereka pun sujud kecuali iblis, bahwasanya Dia memperkenankan Adam untuk tinggal di Surga di mana saja yang ia sukai, memakan makanan yang ada di dalamnya sepuas-puasnya, makanan yang lezat, banyak lagi baik.

Al-Hafizh Abu Bakar bin Mardawaih meriwayatkan dari Abu Dzarr (ra-dhiyallaahu 'anhu), ia berkata, "Aku bertanya, 'Wahai Rasulullah, menurutmu apakah Adam itu seorang Nabi?' Maka beliau (shallallaahu 'alaihi wa sallam) bersabda, 'Ya, ia seorang Nabi dan Rasul. Allah berbicara langsung kepadanya.'" Allah berfirman (kepadanya): "Diamilah oleh kamu dan isterimu Surga ini." (150)

Hawwa Diciptakan Sebelum Adam Memasuki Surga

Konteks ayat di atas menunjukkan bahwa Hawwa diciptakan sebelum Adam memasuki Surga. Hal itu secara gamblang dikemukakan oleh Muhammad bin Ishaq, ia berkata, "Setelah mencela iblis, Allah 'Azza wa Jalla memberikan pengarahan kepada Adam sedang Dia telah mengajarkan kepadanya seluruh nama benda. Allah berfirman: 'Hai Adam, beritahukan kepada mereka nama-nama benda ini,' hingga firman-Nya: 'Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.'"

Lebih lanjut, Ibnu Ishaq mengatakan: "Kemudian Adam mengantuk dan tertidur, menurut keterangan yang kami terima dari ahli kitab, yaitu ahli Taurat dan yang lainnya dari Ibnu 'Abbas (ra-dhiyallaahu 'anhuma) dan 'ulama lainnya.

Kemudian diambillah sepotong tulang rusuk dari sisi tubuhnya sebelah kiri, dan membalutnya dengan sepotong daging, sementara Adam masih tertidur. Lalu Allah menciptakan isterinya, Hawwa, dari tulang rusuk itu. Selanjutnya Dia menyempurnakannya menjadi seorang wanita agar Adam merasa tenang bersamanya.

Ketika rasa kantuknya telah hilang dan Adam terbangun dari tidurnya, ia menoleh ke samping seraya berkata menurut persangkaan mereka, wallaahu a'lam-: 'Dagingku, darahku dan isteriku.' Maka ia pun merasa tenang bersamanya.

Setelah Allah menjadikan baginya seorang isteri dan menjadikannya tenang bersamanya, maka Allah berbicara langsung kepadanya:

'Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu Surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zhalim.'" (151)

===

(150) Al-'Azhamah (5/1554), [karya Abus Syaikh al-Ashbahani, cet. Darul 'Ashimah, Riyadh, th. 1408 H].

(151) Tafsiir ath-Thabari (1/514)

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Edit Isi: Abu Ahsan Sirojuddin Hasan Bashri Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Cetakan Keempat Belas, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

DAFTAR HARGA ATAP BAJA RINGAN
Anda membutuhkan daftar harga atap baja ringan di Tangerang? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog