Skip to main content

Shahih Tafsir Ibnu Katsir: Al-Baqarah, Ayat 34

Al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir

Shahih Tafsir Ibnu Katsir

Al-Baqarah, Ayat 34

Pemuliaan Adam ('alayhis salaam) dengan Sujudnya Para Malaikat Kepadanya

Ini merupakan pemuliaan Allah Sub-haanahu wa Ta'aala yang sangat agung bagi Adam ('alayhis salaam) yang juga dianugerahkan kepada anak keturunannya, dimana Allah mengabarkan bahwa Dia memerintahkan para Malaikat untuk bersujud kepada Adam. Banyak hadits-hadits yang menunjukkan hal itu, di antaranya hadits tentang syafa'at yang telah disebutkan. Dan juga hadits Musa 'alayhis salaam, ia berkata: "Wahai Rabbku, tunjukkanlah kepadaku Adam yang telah mengeluarkan kami dan juga dirinya dari Surga." Maka ketika mereka telah berjumpa, Musa berkata: "Engkau Adam yang Allah telah menciptakannya dengan tangan-Nya, lalu meniupkan ruh kepadanya dan memerintahkan para Malaikat untuk bersujud kepadanya." (144)

Iblis Termasuk Makhluk yang Diperintahkan untuk Bersujud, dan Mereka Bukan dari Jenis Malaikat

Ketika Allah Ta'ala memerintahkan para Malaikat untuk sujud kepada Adam, maka iblis pun termasuk dalam perintah itu. Karena meskipun iblis bukan dari golongan Malaikat, namun iblis menyerupai mereka dan meniru tingkah laku mereka. Oleh karena itu, iblis termasuk dalam perintah yang ditujukan kepada para Malaikat, dan dia tercela atas pelanggaran yang dia lakukan terhadap perintah-Nya.

Tentang masalah ini, insya Allah akan kami uraikan dalam tafsir firman Allah Ta'ala: "Maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia berasal dari golongan jin, maka dia mendurhakai perintah Rabbnya." (QS. Al-Kahfi: 50)

Oleh karena itu Muhammad bin Ishaq meriwayatkan dari Ibnu 'Abbas (ra-dhiyallaahu 'anhuma), ia berkata: "Sebelum iblis melakuakn perbuatan maksiat, dia termasuk dalam golongan Malaikat, namanya adalah 'Azaaziil, dia termasuk penduduk bumi. Dan dia termasuk jenis Malaikat yang paling bersungguh-sungguh dalam beribadah dan paling banyak memiliki ilmu. Hal itulah yang mendorongnya untuk menyombongkan diri, dan ia berasal dari negeri yang disebut Jinn." (145)

===

(144) Abu Dawud (5/28). [Hasan: Abu Dawud (no. 4702). Dihasankan oleh Syaikh al-Albani dalam kitab Silsilah ash-Shahiihah (no. 1702)].
(145) Tafsiir ath-Thabari (1/502).

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh - Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Edit Isi: Abu Ahsan Sirojuddin Hasan Bashri Lc, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta - Indonesia, Cetakan Keempat Belas, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

===

ATAP BAJA RINGAN TERBAIK
Anda membutuhkan atap baja ringan terbaik di Tangerang? Kami siap membantu Anda. Layanan GRATIS konsultasi, estimasi biaya, dan survei lokasi.
http://www.bajaringantangerang.com

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT
























Popular posts from this blog