Skip to main content

Tidak kafir seseorang yang terjatuh dalam kesyirikan karena ketidaktahuannya lalu bertobat

Tidak kafir seseorang yang terjatuh dalam kesyirikan karena ketidaktahuannya lalu bertobat

Akan tetapi, orang-orang musyrik melontarkan syubhat berkenaan dengan kisah di atas. Mereka mengatakan, "Bani Isroil tidak dikafirkan dengan sebab itu; begitu juga sebagian shohabat yang berkata kepada Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, 'Buatkan untuk kami Dzatu Anwath'."

Kita jawab, "Bani Isroil tidak merealisasikan apa yang diminta, begitu juga para Shohabat Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam. Tidak ada perbedaan di antara para 'ulama dalam hal ini bahwa kalau Bani Isroil merealisasikan hal tersebut niscaya mereka akan dikafirkan. Begitu juga para Shohabat Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam; jika mereka tidak menaati larangan Beliau, lalu membuat Dzatu Anwath, niscaya mereka akan dikafirkan. Dengan demikian terjawablah syubhat mereka."

Kisah ini memberi pelajaran bahwa seorang muslim, bahkan seorang 'alim pun kadang-kadang terjerumus dalam bermacam-macam kesyirikan tanpa dia sadari. Dan juga memberi pelajaran kepada kita untuk selalu berhati-hati, sekaligus mengetahui bahwa ucapan orang yang jahil "Kami sudah paham tauhid" sebagai kebodohan besar dan merupakan tipu daya syaithon.

Kisah ini juga memberi pelajaran bahwa seorang muslim apabila mengucapkan kalimat kekufuran yang tidak dia sadari, lalu diingatkan, kemudian dia bertobat saat itu juga, maka dia tidak dikafirkan, sebagaimana yang dilakukan Bani Isroil dan shohabat yang bertanya kepada Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam.

Namun demikian, sekalipun dia tidak dikafirkan, dia harus tetap diberi peringatan keras sebagaimana para shohabat yang diingatkan oleh Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam.

===

Maroji:
Kitab: Kasyfu asy-Syubuhaati, Penulis: Imam Muhammad bin 'Abdul Wahhab, Judul terjemahan: Kasyfu Syubuhat, Membongkar akar kesyirikan, dilengkapi Ushulus Sittah, Penerjemah: Bayu Abdurrahman, Penerbit: Media Hidayah - Jogjakarta, Cetakan I, Jumadil Awal 1425 H/ Juni 2004 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Popular posts from this blog