Skip to main content

Tabarruj (bersoleknya) remaja puteri pada hari 'Id | 50 Kesalahan dalam Berhari Raya

50 kesalahan dalam berhari raya

Bab I: Kesalahan-kesalahan seputar dua hari raya

31. Tabarruj (bersoleknya) remaja puteri pada hari 'Id

Banyak remaja puteri yang bertabarruj pada hari 'Id di hadapan bapak dan saudara laki-laki mereka. Hal ini adalah harom, tidak boleh dilakukan, berdasarkan sabda Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam,

"Ada dua golongan ahli Neraka yang belum pernah aku lihat: Suatu kaum yang memiliki pecut seperti ekor-ekor sapi, mereka memukul manusia dengannya dan perempuan berpakaian tapi telanjang, berjalan dengan membawa fitnah (cobaan) dan berlenggak-lenggok, kepala mereka dimodel seperti punuk unta yang miring. Mereka tidak akan mencium wangi Surga, padahal wanginya itu dapat dicium dari jarak sekian dan sekian." (70)

Makna kaasiyaatun 'aariyaatun adalah pakaian mereka transparan, sehingga memperlihatkan sebagian tubuh mereka. Atau menutupi sebagian tubuh mereka dan menampakkan sebagian lainnya. Atau sempit, sehingga mencetak bentuk tubuh mereka, seperti celana panjang dan sejenisnya.

Merupakan keharusan para penanggung jawab (khususnya orang tua -penj) dalam memerintahkan remaja puteri mereka untuk memakai hijab agar dengan hal itu dapat selamat dari Neraka. ALLOH Ta'ala berfirman,

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya Malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai ALLOH terhadap apa yang diperintahkan-NYA kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."
(Qur-an Suroh at-Tahriim: ayat 6)

Di antara bentuk tabarruj yang harom:

1. Keluarnya para remaja puteri dari rumah mereka dengan pakaian yang memiliki belahan pada bagian betis, (pakaian tersebut harom) karena akan dapat menampakan betis mereka.

2. Keluarnya mereka dengan memakai celana panjang, karena pakaian seperti itu dapat membentuk betis mereka.

3. Keluarnya mereka dengan pakaian pendek.

4. Keluarnya mereka dengan jilbab yang sempit, yang mencetak anggota tubuhnya.

5. Keluarnya mereka dengan sepatu/ sandal yang "berhak" (alas) tinggi, karena hal itu dapat membuat mata lelaki meliriknya. Juga karena hal itu dapat membuatnya berjalan dengan condong, yang mana hal ini di antara apa yang Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam sebutkan mengenai sifat wanita penghuni Neraka, di mana Beliau shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda, "... mumiilaatun maa-ilaatun ..."

Makna mumiilaatun adalah wanita yang pundaknya condong saat berjalan, memfitnah orang yang melihatnya.

Makna maa-ilaatun adalah mereka berjalan dengan condong, membaguskan gaya jalannya, dan berlenggak-lenggok.

6. Keluarnya mereka dari rumah-rumah mereka dengan mengenakan minyak wangi, karena hal itu dapat membuat lelaki meliriknya.

Dari Abu Musa ro-dhiyaLLOOHU 'anhu bahwa Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Seorang wanita apabila memakai parfum, lalu (sengaja) melewati sekumpulan (laki-laki), maka dia adalah pezina." (71)

Dalam riwayat Imam Ahmad disebutkan,

"Siapapun wanita yang memakai parfum, lalu (sengaja) melewati sekumpulan (laki-laki), agar mereka mencium aromanya, maka ia adalah pezina." (72)

===

(70) Shohih. Hadits Riwayat Imam Muslim nomor 2128.

(71) Shohih. Hadits Riwayat Imam at-Tirmidzi nomor 2786, ia berkata, "Hadits ini hasan shohih." Juga diriwayatkan oleh Imam an-Nasa-i 5126, Imam Abu Dawud nomor 4173, dan yang lainnya.

(72) Shohih. Hadits Riwayat Imam Ahmad nomor 19212 dengan sanad yang hasan, hadits ini shohih dikarenakan penguat-penguatnya.

===

Maroji:
Kitab: al-Kalimaatun Naafi'ah fil Akhthoo-isy Syaa-i'ah: Khomsuun Khotho-an fii Sholaatil 'Iidain, Penulis: Wahid 'Abdus Salam Baali, Penerbit: Dar Ibni Rojab, Cetakan II, 1424 H/ 2003 M, Judul terjemahan: 50 Kesalahan dalam berhari raya, Penerjemah: Mufti Hamdan, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, Rojab 1426 H/ Agustus 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Popular posts from this blog