Skip to main content

Membuat kaum muslimin takut dengan menyalakan petasan

50 kesalahan dalam berhari raya

Bab I: Kesalahan-kesalahan seputar dua hari raya

28. Membuat kaum muslimin takut dengan menyalakan petasan

Di hari 'Id, anak-anak membeli petakan dengan berbagai jenisnya, kemudian mereka menyalakannya di bawah kaki orang yang berjalan atau di bawah apartemen tinggi, sehingga membuat terkejut orang yang berada di dalamnya. Semua hal itu adalah dilarang. Seharusnya para orang tua mencegah anak-anak mereka dari hal itu, karena membuat takut seorang muslim adalah diharomkan oleh syari'at.

Imam Abu Dawud meriwayatkan hadits yang dishohihkan oleh Imam al-Albani, dari 'Abdurrohman bin Abi Laila, ia berkata bahwa para shohabat Nabi Muhammad shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam menceritakan kepada kami bahwa dahulu mereka berjalan bersama Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, lalu salah seorang shohabat tertidur, kemudian salah seorang dari shohabat lainnya menghampirinya dengan membawa tali, lalu mencekiknya, sehingga ia pun terkejut. Lalu Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Seorang muslim tidak boleh membuat takut muslim lainnya!" (64)

Dari Nu'man bi Basyir ro-dhiyaLLOOHU 'anhuma, ia berkata, "Kami dahulu bersama Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam dalam perjalanan, lalu salah seorang memacu tunggangannya, maka seseorang shohabat lainnya menyiapkan busur dari kantung busurnya (untuk pura-pura membidiknya -penj), orang (yang menunggang kuda) tadi itu pun tersadar dan merasa takut. Lalu Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Seseorang tidak boleh membuat terkejut seorang muslim!" (65)

Di antaranya juga bahwa Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam melarang mengambil harta milik kaum muslimin, sehingga orang tersebut tidak merasa takut. Dari Yazid bin Sa'id ro-dhiyaLLOOHU 'anhu, bahwa ia mendengar Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Janganlah salah seorang dari kalian mengambil harta saudaranya (se-Islam), baik main-main maupun serius. Barangsiapa yang mengambil tongkat temannya, hendaknya ia mengembalikan kepadanya!" (66)

Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam pun telah melarang seorang muslim menunjuk saudaranya (se-Islam) dengan benda tajam atau senjata. Dari Abu Huroiroh ro-dhiyaLLOOHU 'anhu bahwa Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Janganlah salah seorang dari kalian menunjuk saudaranya (se-Islam) dengan senjata! Karena ia tidak tahu mungkin saja syaithon melepaskannya dari tangannya, sehingga ia pun masuk ke dalam salah satu lubang Neraka." (67)

Juga diriwayatkan dari Abu Huroiroh ro-dhiyaLLOOHU 'anhu bahwa Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa yang menunjuk saudaranya dengan benda tajam, maka sesungguhnya para Malaikat melaknatnya, walaupun dia adalah saudara kandungnya (68)." (69)

===

(64) Shohih. Hadits Riwayat Imam Abu Dawud nomor 5004, dan Imam Ahmad nomor 22555, dan Imam al-Albani menshohihkannya.

(65) Hasan. Hadits Riwayat Imam ath-Thobroni dalam kitab al-Kabiir. Imam al-Mundziri berkata, "Perowinya tsiqoh." Imam al-Albani berkata dalam kitab Shohiihut Targhiib wat Tarhiib nomor 2806, "(Hadits tersebut) hasan shohih."

(66) Hasan. Hadits Riwayat Imam at-Tirmidzi nomor 2160, dan ia menghasankannya serta disetujui oleh Imam al-Albani.

(67) Shohih. Hadits Riwayat Imam al-Bukhori nomor 7072, dan Imam Muslim nomor 2617.

(68) Shohih. Hadits Riwayat Imam Muslim nomor 2616.

(69) Dari dua hadits ini dapat diambil pelajaran bahwa seseorang apabila hendak membawakan pisau untuk saudaranya, hendaklah dia memegang bagian yang tajamnya dan memposisikan tangannya berada di arah samping saudaranya, agar tidak terjatuh pada larangan dalam dua hadits di atas.

===

Maroji:
Kitab: al-Kalimaatun Naafi'ah fil Akhthoo-isy Syaa-i'ah: Khomsuun Khotho-an fii Sholaatil 'Iidain, Penulis: Wahid 'Abdus Salam Baali, Penerbit: Dar Ibni Rojab, Cetakan II, 1424 H/ 2003 M, Judul terjemahan: 50 Kesalahan dalam berhari raya, Penerjemah: Mufti Hamdan, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir - Bogor, Cetakan I, Rojab 1426 H/ Agustus 2005 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Popular posts from this blog