Skip to main content

Mengenal kurma (1)

Bab I

Mengenal kurma (1)

Sebelum masuk ke dalam pembahasan tentang keutamaan dan khasiat kurma ditinjau dari al-Qur-an al-Karim, as-Sunnah ash-Shohihah dan medis modern, kita perlu mengetahui deskripsi tentang kurma.

Pohon kurma bernama latin Phoenix dactylifera termasuk famili Palmae sering disebut Date palm. Pohon ini mempunyai nama yang bermacam-macam, di Perancis terkenal dengan nama dattier, di Jerman dengan nama dattel, di Italia dengan nama datteri atau dattero, di Spanyol disebut datil, di Belanda disebut dadel, di Portugis disebut tamara, dan di Timur Tengah sering disebut tamr (kurma kering) serta ruthob (kurma basah).

Pohon ini dikembangbiakkan terutama untuk diambil buahnya dan telah dibudidayakan 8000 tahun yang lalu di Babilonia. Pohon ini banyak ditemukan di dataran padang pasir (kering). Tinggi pohon kurma dapat mencapai 30-35 meter, ada jenis jantan dan betina, dan mulai berbunga setelah 6-16 tahun. Bunga pada pohon betinanya lebih besar daripada jantannya.

Buah kurma berbentuk lonjong dengan ukuran 2 sampai 7,5 cm dengan warna yang bermacam-macam antara coklat gelap, kemerahan, kuning muda kecoklatan, dan berbiji.

Konon pohon kurma ini dahulu tumbuh di Semenanjung Persia, terutama banyak terdapat di antara sungai Nil dan Eufrat. Pada awal tahun 1950-an negara Iraq menjadi penghasil kurma terbesar sedunia yaitu sekitar 600.000 ton/ tahun. Pada tahun 1980-an produksi kurma di Arob Saudi ditingkatkan dengan subsidi pemerintah Arob Saudi kepada para petani sehingga mampu memproduksi 500.000 ton buah kurma per tahun. Menteri pertanian Arob Saudi mengadakan berbagai training dan kursus tentang sistem penanaman kurma yang modern termasuk mekanisasinya.

Kurma juga telah berkembang sejak dahulu di daerah-daerah seperti India, Algeria, Tunisia, Mesir, Sudan, Iran, Spanyol, Jamaica, dan California.

Jenis buah kurma bervariasi besar-kecilnya, namun jenis yang populer di pasaran adalah sebagai berikut: barhi, dayri, deglet noor, halawy, hayani, khodrowy, khostawi, maktoom, medjool, saidy, sayer, thoory, zahdi, amir hajj, iteema, dan migraf.

Pohon kurma harus mendapat sinar matahari yang penuh dan tidak dapat berkembang di bawah naungan. Temperatur yang dibutuhkan oleh pohon kurma untuk tumbuh baik adalah 90 derajat F (32,22 dearajat C) dan tidak sering terjadi hujan. Tanah yang dibutuhkan adalah jenis pasir, pasir padat, liat. Dibutuhkan aerasi dan drainase yang bagus, pohon kurma dapat toleran terhadap tanah yang mengandung senyawa alkali.

===

(1) Diringkas dari makalah Fruits of warm climates oleh Morton J, halaman 5-11, tahun 1987 yang terdapat di www . hort . purdue . edu

===

Maroji:
Judul buku: Kupas tuntas khasiat kurma berdasarkan al-Qur-an al-Karim, as-Sunnah ash-Shohihah dan tinjauan medis modern, Penulis: Zaki Rakhmawan, Penerbit: Media Tarbiyah - Bogor, Cetakan I, Dzulhijjah 1426 H/ Januari 2006 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Popular posts from this blog