Skip to main content

Ath-Thibbun Nabawi mutlak kebenarannya

Ath-Thibbun Nabawi mutlak kebenarannya

Kolom Asosiasi Bekam Indonesia

Ahmad Fatahillah, SE., MBA (Anggota Dewan Syuro ABI):

Sehat dan sakit ibarat dua sisi mata uang. Dalam hal ini, Islam telah memberikan tuntunan tentang menjaga kesehatan jasmani dan rohani, begitu pula tuntunan yang lengkap tentang metode pengobatan. Metode pengobatan Islami (ath-Thibbun Nabawi) bersifat mutlak dan insya ALLOH benar-benar menyembuhkan, karena konsep ini datangnya dari ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala dan Rosul-NYA shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam.

Al-Hijamah (bekam) misalnya, merupakan salah satu metode pengobatan Islam yang langsung dicontohkan Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, bukan metode hasil rekayasa manusia biasa. Bahkan perintah bekam ini diterima Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam ketika Isro' Mi'roj. Untuk itu bekam sangat efektif dilakukan pada saat sehat maupun sakit, dan bekam tidak bisa disetarakan dengan pengobatan lain. Bekam di titik qumahduwah misalnya, mengeluarkan 72 hormon dan meningkatkan 72 hormon. Sebagai muslim, dasar pengobatan yang dijalaninya harus tertuju pada tuntunan al-Qur-an dan al-Hadits. Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam sudah menunjukkan titik (area) bekam yang amat dahsyat khasiatnya.

Sementara animo masyarakat terhadap pengobatan Islami sangat besar, karena itu sekarang banyak yang 'kecanduan' bekam apalagi jadi 'amal 'ibadah. Di sisi lain pelatihan-pelatihan atau kegiatan syi'ar pengobatan Islami juga makin marak.

Mengamati semakin banyaknya terapis bekam, pada 3 November 2007 kami mendirikan ABI (Asosiasi Bekam Indonesia), dengan harapan terbangunnya imej bahwa pengobatan Islami sebagai solusi dan Rohmatan Lil 'Alamin.

Dalam upaya memasyarakatkan bekam kami menggagas berbagai program antara lain mengadakan bakti sosial di majelis-majelis ta'lim, di hotel-hotel, di sekolah-sekolah, di pondok pesantren, di perguruan tinggi, pelatihan bekam, kerja sama dengan dewan kelurahan. Kami juga melakukan sosialisasi ke departemen-departemen dengan memberikan keyakinan bahwa bila tiap bulan mereka mengadakan donor darah, kami mengusulkan diadakannya bekam tiap bulan. Karena sebenarnya market bekam ini 100%, diantaranya dengan dasar data dari WHO bahwa 15% penduduk dunia sehat, 15% sakit dan 70% tampak sehat.

Kami telah membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) bekam agar anggota melakukan layanan pengobatan terstandar. Termasuk alat bekam jua kami buat standar satu set, meliputi gelas, pemantik/ sayatan, minyak. Kami juga membantu para anggota yang ingin mendirikan klinik dengan memberikan rekomendasi untuk pengurusan ke dinas kesehatan, selain itu kami juga melakukan pembinaan melalui long life learning guna meningkatkan 'aqidah, menambah wawasan dan pengetahuan.

Hubungan ABI dengan pemerintah cukup baik, dan kami selalu dilibatkan dalam RAKOR Departemen Kesehatan di pusat dan daerah. Untuk di tingkat pusat kami sudah dua kali mengikuti RAKOR, yang pertama di Jogja pada tanggal 17 - 18 Juni 2009 dan yang kedua tanggal 17 - 20 Maret 2010. Kami bersyukur keberadaan ABI diakui oleh pemerintah sampai di daerah. Kini ABI sudah tersebar hampir seluruh provinsi.

Kami harapkan dalam rangka menghidupkan sunnah bisa bergabung dengan ABI karena lembaga ini bukan milik kelompok tertentu atau tidak ditujukan untuk kelompok tertentu. Kepada masyarakat kami menghimbau untuk mengandalkan pengobatan Islami dalam upaya merawat kesehatan maupun pengobatan.

Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda, "Barangsiapa menjalankan sunnahku berarti mencintaiku, dan barangsiapa mencintaiku dia akan bersamaku di Surga."

===

Maroji':
Tabloid Bekam Edisi 3 Cetakan 3/ Tahun 3/ 2012

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===

Popular posts from this blog