Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (143)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari

Ringkasan Shahih Bukhari

Kitaabul wudhu'

4. Kitab Wudhu'

79. Bab: Keutamaan Orang yang Tidur dalam Keadaan Berwudhu

143. Dari al-Barra' bin Azib (ra-dhiyallaahu 'anhu), ia berkata, "Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam berkata kepadaku, 'Jika engkau menghampiri tempat tidurmu, maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah ke sebelah kanan kemudian ucapkanlah,

اَللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ نَفْسِيْ إِلَيْكَ وَوَجَّهْتُ وَجْهِيْ إِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ أَمْرِيْ إِلَيْكَ وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِيْ إِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ لَامَلْجَأَ وَلَامَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ, اَللَّهُمَّ ا'مَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِيْ أَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِيْ أَرْسَلْتَ

Allaahumma aslamtu [nafsii ilaika wa wajjahtu waj-hi ilaika wa fawwadhtu amrii ilaika wa alja`tu zhahrii ilaika raghbatan wa rahbatan ilaika laa malja-a wa laa manjaa minka illaa ilaika, allaahumma
aamantu bikitaabikal la-dzii anzalta wa binabiyyikal la-dzii arsalta.

'Ya Allah, aku serahkan [jiwaku kepada-Mu, aku hadapkan 8/196] wajahku kepada-Mu, aku serahkan urusanku kepada-Mu, dan aku menyandarkan punggungku kepada-Mu karena berharap {mendapatkan rahmat-Mu} dan cemas {terhadap siksa-Mu bila melakukan kesalahan}. Tidak ada tempat perlindungan dan penyelamatan dari {ancaman}-Mu kecuali kepada-Mu. Ya Allah, aku beriman kepada Kitab yang telah Engkau turunkan, dan {kebenaran} Nabi-Mu yang telah Engkau utus.'

[Karena sesungguhnya kamu] jika kamu meninggal dunia pada malam itu {di waktu tidur}, maka kamu (dalam riwayat lain: akan meninggal dunia 7/147) dengan memegang fitrah {agama Islam}. Tapi jika kamu bangun pagi, maka pagi itu kamu akan mendapatkan pahala]. Jadikanlah itu sebagai akhir kalimat yang kamu ucapkan.' Lalu aku mengulanginya di hadapan Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam. Ketika ucapanku sampai pada 'Ya Allah, aku beriman pada Kitab yang telah Engkau turunkan.' Lalu aku teruskan, 'Dan Rasul-Mu' (dalam riwayat lain: lalu aku teruskan ketika menghafalkannya, dan Rasul-Mu yang telah Engkau utus.' Beliau bersabda, 'Bukan itu, tapi 'Dan Nabi-Mu yang telah Engkau utus.'"

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

Popular posts from this blog