Skip to main content

Kesurupan jin dan Cara Pengobatannya secara Islami: Pengantar Syaikh al-Jazairi

Wiqayatul Insan Minal jinni wasy syaithan

Kesurupan jin dan Cara Pengobatannya secara Islami

Pengantar

Segala puji bagi Allah Ta'ala, shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Rasul-Nya, Muhammad, yang diutus kepada dua jenis makhluk (manusia dan jin); semoga terlimpahkan pula kepada keluarganya yang suci dan semua Shahabatnya.

Ustadz Wahid 'Abdussalam Bali telah memberikan bukunya "Melindungi manusia dari jin dan syetan" (Wiqayatul Insaan Minal jinni wasy syaithan) kepadaku di Masjid Nabawi dengan permintaan agar aku berkenan membacanya dan menyampaikan pendapatku tentang buku tersebut. Permintaan ini aku penuhi sekalipun di tengah kesibukan dan tugasku yang menumpuk.

Aku telah membaca buku ini dari mukaddimah sampai dengan penutupnya. Buku ini terbebas dari kesalahan baik menyangkut pemahaman ('aqliah) ataupun periwayatan (naqliah). Isi dan sasaran penulisan buku ini sangat tepat dan memadai. Buku ini telah membantah sejumlah anggapan yang keliru dari sekelompok orang yang menolak fenomena merasuknya jin ke dalam diri manusia (kesurupan jin) dan pembicaraannya melalui orang tersebut serta pengungkapan tentang hakekat dan keinginannya.

Buku ini dan penulisnya berciri khas Salafi, yang nampak dalam pemakaian hadits-hadits shahih dan hasan, dengan menghindari hadits-hadits dha'if dan palsu, berikut penjelasan mengenai riwayat hadits (takhrij), sumber dan para perawinya, sehingga memberikan rasa puas kepada para pembaca dan pemakai buku ini. Semoga Allah membalasnya dengan balasan yang sebaik-baiknya.

Sekalipun sebuah buku ini dapat dinilai melalui judulnya, kata sebagian orang, tetapi buku ustadz Wahid ini memiliki dua kegunaan yang jarang berhimpun dalam sebuah buku seperti ini:

Pertama: Menetapkan aqidah yang benar tentang eksistensi jin, fenomena keberadaan mereka, pengaruh-pengaruh perbuatan mereka, dan perilaku-perilaku kebaikan ataupun keburukan mereka dalam kehidupan.

Kedua: Penjelasan tentang ta'awwudz (do'a-do'a memohon perlindungan) dan jampi-jampi yang shahih untuk mengobati orang yang kemasukan jin dan syetan. Dengan demikian, buku ini menghimpun penjelasan tentang penyakit dan sekaligus obatnya. Ini merupakan keistimewaan penting yang menjadikan buku ini sangat diperlukan oleh setiap Mu'min yang gemar membaca dan memahami permasalahan.

Akhirnya aku berdo'a semoga buku ini bermanfaat bagi penulisnya dan orang-orang yang mencari kebenaran. Shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada Nabi kita, Muhammad, keluarganya dan para Shahabatnya.

Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri
Pengajar di Masjid Nabawi Madinah
10/01/1409 H

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Wiqayatul Insan Minal jinni wasy syaithan, Penulis: Syaikh Wahid 'Abdus Salam Bali, Penerbit: Maktabah ash-Shahabah, Jeddah - Arab Saudi, Cetakan Ketiga, 1412 H/ 1992 M, Judul Terjemahan: Kesurupan jin dan Cara Pengobatannya secara Islami, Penerjemah: Aunur Rafiq Shaleh Tamhid Lc, Penerbit: Robbani Press, Jakarta - Indonesia, Cetakan Kesebelas, Jumadil Akhir 1425 H/ Agustus 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog