Skip to main content

Anda dan Harta: Sebab-sebab Terjaganya Harta dan Bertambahnya Harta: Berbuat dengan yang Halal

Anta wa Maala

Anda dan Harta

Sebab-sebab Terjaganya Harta dan Bertambahnya Harta

8. Berbuat dengan yang Halal

Islam menganjurkan untuk berbuat dan memerintahkan agar perbuatan itu didasari dengan sesuatu yang halal, baik dan dapat diterima, untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang Allah jadikan sebagai buah kehalalan, seperti terjaganya harta, keberkahan dan bertambahnya harta. Islam melarang perbuatan haram dan sesuatu yang terdapat dosa di dalamnya agar terhindar dari bahaya keharaman yang Allah ciptakan, seperti bangkrutnya harta, sebagian maupun seluruhnya. Ini di dunia saja. Adapun di akhirat, maka siksanya lebih besar dan lebih keras, yaitu adzab Neraka dan tempat kembali yang buruk. Oleh karena itu Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam menganjurkan manusia untuk selalu mengambil yang halal dan meninggalkan yang haram. Beliau bersabda,

"Wahai manusia, takwalah kepada Allah dan perbaikilah dalam mencari rezeki, karena sesungguhnya seseorang tidak akan mati kecuali rezekinya sudah terpenuhi, walaupun terlambat. Takwalah kepada Allah dan perbaikilah dalam mencari rezeki. Ambillah yang halal dan tinggalkan yang haram." (1)

Pernah ditanyakan pada Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam, "Wahai Rasulullah, kerja apa yang paling baik?" Beliau bersabda, "Kerja seseorang dengan tangannya dan segala jual beli yang baik." (2) Yakni segala jual beli yang diterima, yang halal dan yang tidak bercampur dengan dosa.

===

(1) Shahih Sunan Ibni Majah: 1743.

(2) Musnad Ahmad: 17198. Ahmad az-Zain berkata: Isnadnya shahih.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Anta wal maala, Penulis: Syaikh Adnan ath-Tharsyah, Penerbit: Maktabah Wahbah - Kairo, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun. Judul terjemah: Anda dan harta, Penerjemah: Taufik Damas Lc, Editor: H. Abdurrahman Kasdi Lc, Penerbit: Pustaka al-Kautsar, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Juli 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog