Skip to main content

Adabul Mufrad (187)

Al-Adab al-Mufrad

Adabul Mufrad

Kitab Pegawai

95. Bab: Berilah Mereka Pakaian Seperti yang Kalian Pakai

187. 'Ubadah bin al-Walid bin 'Ubadah bin ash-Shamit berkata, "Aku pergi bersama ayahku mencari 'ilmu di sebuah dusun orang Anshar, sebelum mereka meninggal. Orang yang pertama kali bertemu dengan kami adalah Abul Yasar, salah seorang Shahabat Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam sedang bersama seorang budaknya. Dia memakai burdah(31) begitu juga dengan budaknya. Lalu kukatakan padanya, 'Wahai paman, kalau sekiranya engkau ambil burdah budakmu dan engkau berikan padanya muafir(32)mu atau kau ambil muafirnya dan engkau berikan padanya burdahmu, maka engkau akan punya sepasang pakaian dan dia juga.' Dia kemudian memegang kepalaku dan berkata, 'Semoga Allah memberimu barakah-Nya, wahai anak saudaraku, kedua mataku telah melihat dan kedua telingaku telah mendengar serta hatiku telah memperhatikannya, sambil menunjuk pada hatinya, bahwa Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam telah bersabda:

'Berilah mereka makanan dari yang kalian makan dan berilah mereka pakaian seperti yang kalian pakai.'

Oleh karenanya aku lebih suka memberinya perhiasan dunia. Maka memberinya sebagian dari perhiasan dunia adalah lebih ringan bagiku daripada dia mengambil kebaikanku di akhirat kelak.'"

===

(31) Burdah adalah pakaian yang kainnya bergaris-garis.

(32) Muafir adalah nama pakaian yang dinasabkan pada nama tempat di Yaman yaitu Muafir.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam al-Bukhari rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Surabaya - Indonesia, Cetakan I, Mei 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog