Skip to main content

Misteri Kematian: Mereka yang Mengingkari Adzab Kubur dan Syubhat-syubhat Mereka (3)

Ar-Riyad an-Naadirah fii Shahiih ad-Daaril Akhirah

Misteri Kematian

Menguak Fenomena Kematian dan Rentetan Peristiwa Dahsyat Menjelang Kiamat

Alam Kubur

Mereka yang Mengingkari Adzab Kubur dan Syubhat-syubhat Mereka (3)

Syubhat ketiga: dalil akal tentang orang yang disalib yang menurut mereka tidak disiksa setelah disalib.

Jika mereka berhujjah seperti itu, tanggapan kami: kalian lihat orang mati di atas kasur, kalian sama sekali tidak melihat kalau ia dipukul, kalian sama sekali tidak mendengar celaan yang dialamatkan pada si mayit saat mati, ini semua terjadi dan dialami orang-orang kafir dan orang-orang zhalim seperti yang Allah sampaikan: "Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zhalm berada dalam tekanan sakaratul maut, sedang para Malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): 'Keluarkanlah nyawamu,' di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan." (QS. Al-An'am: 93) Imam-imam tafsir menyatakan, sedang para Malaikat memukul dengan tangannya.

Maksudnya memukuli orang-orang zhalim dengan berbagai macam siksa hingga ruh mereka keluar dari jasad. Sisi pengambilan dalil dari ayat ini; bila seperti itu kiranya mereka disiksa di tengah-tengah keluarga baik yang muda atau yang tua, lelaki atau perempuan, namun mereka tidak melihat apapun dan tidak mendengar sedikitpun dari celaan dan cemoohan para Malaikat itu, mereka sama sekali tidak mengetahui pukulan yang dilayangkan. Dan apapun yang diperlakukan terhadap si mayit di malam kubur atau setelah mati jauh lebih hebat. Orang yang melihat dan membuka kuburnya lebih tidak mengetahui hal itu. (157) (158)

===

(157) Bantahan lain; kehidupan banyak macamnya, seperti halnya kaitan antara ruh dan jasad juga bermacam-macam. Kalian lihat orang tidur di atas kasur tidak bergerak, saat tidur ia bermimpi berbicara, datang dan pergi, merasa sakit, lari, berperang dan melihat banyak hal khususnya peristiwa-peristiwa yang bisa digambarkan dengan jelas dan detail, mendengar kata-kata tertentu yang bisa ia ulang dan sampaikan. Lantas apa yang menghalangi keberadaan ruh di alam barzakh terkait dengan jasad untuk kali ketiga, terlebih jasad merasakan sakit oleh rasa sakit yang dirasakan ruh, si pemilik jasad mengetahui hal itu, merasakan dan kondisinya mengalami perubahan tanpa ia sadari, di samping kehidupannya berbeda dengan kehidupan dunia.

(158) Mukhtashar Ma'arijil Qabul oleh Hisyam 'Abdul Qadir 'Ali Uqdah, hal: 218-219.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: ar-Riyad an-Naadirah fii Shahiih ad-Daaril Akhirah, Penulis: Syaikh Dr. Ahmad Musthafa Mutawalli, Ta'liq: Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun. Judul terjemahan: Seri ke-1 (Serial Trilogi Alam Akhirah) Misteri Kematian, Menguak fenomena kematian dan rentetan peristiwa dahsyat menjelang Kiamat, Penerjemah: Umar Mujtahid Lc, Penerbit: Darul Ilmi Publishing, CV Darul Ilmi, Bogor - Indonesia, Cetakan Kedua, Rabiul Akhir 1434 H/ Februari 2013 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog