Skip to main content

Ringkasan Shahih Bukhari (142)

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari

Ringkasan Shahih Bukhari

Kitaabul wudhu'

4. Kitab Wudhu'

77. Bab: Siwak

51.(154) Ibnu 'Abbas (ra-dhiyallaahu 'anhuma) berkata, "Ketika aku menginap di rumah Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam, beliau membersihkan giginya {dengan siwak}." (155)

142. Dari Hudzaifah (ra-dhiyallaahu 'anhu) berkata, "Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam apabila bangun malam [untuk shalat tahajjud 2/45], maka beliau menggosok mulutnya dengan siwak."

52.(156) Dari Ibnu 'Umar (ra-dhiyallaahu 'anhuma), bahwa Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Aku mimpi bersiwak, lalu datanglah dua orang laki-laki kepadaku. Salah satunya lebih besar, maka aku akan memberikan siwak itu kepada yang lebih kecil. Kemudian dikatakan kepadaku, 'Serahkan kepada yang lebih besar.' Lalu aku pun menyerahkannya kepada yang lebih besar."

===

(154) Telah disebutkan oleh pengarang pada hadits nomor 92.

(155) Aku katakan, "Hadits () lau laa an asyuqqa 'alaa ummatii dikeluarkan oleh pengarang pada kitab 11, yang insya Allah akan disebutkan pada bab 9.

(156) Ini mu'allaq menurut pengarang. Imam Muslim telah menyambungkannya di dua tempat dalam kitab Shahihnya (7/57 dan 8/229), namun luput pada al-Hafizh, serta mencukupkan pada Abu Awwanah, Abu Na'im, dan al-Baihaqi saja, yaitu dalam Sunan al-Baihaqi (1/40) ia mengatakan, "Al-Bukhari mengambilnya sebagai penguat."

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog