Skip to main content

Misteri Kematian: Menyaksikan dan Mendengar Siksa Kubur

Ar-Riyad an-Naadirah fii Shahiih ad-Daaril Akhirah

Misteri Kematian

Menguak Fenomena Kematian dan Rentetan Peristiwa Dahsyat Menjelang Kiamat

Alam Kubur

Menyaksikan dan Mendengar Siksa Kubur

Ahlul ilmi dari kalangan Salaf dan lainnya berpendapat, melihat siksa dan nikmat kubur dimungkinkan bisa, sebagian dari hal tersebut pernah terjadi di masa Nabi (shallallaahu 'alaihi wa sallam). Allah memperlihatkan apapun yang Dia kehendaki untuk siapapun yang Dia kehendaki.

Imam Ibnu Qayyim rahimahullaah menyampaikan, ketika Allah berkehendak untuk memperlihatkan siksa atau nikmat kubur pada sebagian hamba, Allah pasti memperlihatkannya pada hamba yan Dia kehendaki sementara yang lain tidka bisa melihat. Melihat siksa kubur sama seperti melihat Malaikat dan jin yang kadang terjadi dan dialami oleh orang yang dikehendaki Allah melihat hal-hal semacam ini. (159)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullaah menjelaskan, banyak orang yang melihat hal tersebut bahkan mereka bisa mendengar suara orang-orang yang tersiksa dalam kubur, dan melihat sendiri dengan mata kepala mereka seperti yang disebutkan dalam atsar-atsar terkenal. (160) Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullaah juga menyampaikan tidak sedikit orang-orang di masa kita melihat dan mengetahui hal-hal semacam itu, kami memiliki banyak kisah tentang hal itu. (161)

===

(159) Ar-Ruh, hal: 93.

(160) Majmu' al-Fatawa, 4/296.

(161) Majmu' al-Fatawa, 24/376.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: ar-Riyad an-Naadirah fii Shahiih ad-Daaril Akhirah, Penulis: Syaikh Dr. Ahmad Musthafa Mutawalli, Ta'liq: Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun. Judul terjemahan: Seri ke-1 (Serial Trilogi Alam Akhirah) Misteri Kematian, Menguak fenomena kematian dan rentetan peristiwa dahsyat menjelang Kiamat, Penerjemah: Umar Mujtahid Lc, Penerbit: Darul Ilmi Publishing, CV Darul Ilmi, Bogor - Indonesia, Cetakan Kedua, Rabiul Akhir 1434 H/ Februari 2013 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog