Skip to main content

Anda dan Harta: Sebab-sebab Terjaganya Harta dan Bertambahnya Harta: Berbuat dengan yang Halal (2)

Anta wa Maala

Anda dan Harta

Sebab-sebab Terjaganya Harta dan Bertambahnya Harta

8. Berbuat dengan yang Halal (2)

Apabila seseorang sibuk dengan pekerjaan, baik kerja sebagai pegawai, pengusaha atau jual beli, maka hendaknya dia memperhatikan syarat-syarat tertentu agar hartanya terjaga dan bertambah. Di antara syarat-syaratnya itu adalah:

A. Niat Ikhlas karena Allah dalam Kerja

Sesungguhnya syarat terpenting bagi manusia agar usahanya sukses di dunia dan akhirat adalah niat ikhlas karena Allah dalam bekerja. Setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia karena ikhlas, maka akan mendapatkan pahala. Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Bahkan pada kemaluan salah satu kalian adalah shadaqah." Para Shahabat (ra-dhiyallaahu 'anhum) bertanya, "Apakah salah satu di antara kami menyalurkan syahwatnya kemudian mendapat pahala?" Beliau bersabda, "Bagaimana pendapat kalian jika dia melakukan itu pada yang haram, apakah dia tidak berdosa? Begitulah, jika dia melakukannya pada yang dihalalkan, maka baginya pahala." (1) Begitu juga setiap kerja yang halal yang dilakukan oleh manusia dengan niat mencukupkan dirinya dan keluarganya agar tidak meminta-minta pada orang lain dan agar bisa melakukan taat kepada Allah, maka baginya pahala. Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Satu dinar yang engkau dermakan di jalan Allah, satu dinar yang engkau dermakan untuk memerdekakan budak, satu dinar yang engkau dermakan untuk orang miskin, dan satu dinar yang engkau dermakan untuk keluargamu, maka yang paling besar pahalanya adalah satu dinar yang engkau dermakan untuk keluargamu." (2)

===

(1) HR. Muslim, kitab az-Zakat.

(2) HR. Muslim, kitab az-Zakat.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Anta wal maala, Penulis: Syaikh Adnan ath-Tharsyah, Penerbit: Maktabah Wahbah - Kairo, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun. Judul terjemah: Anda dan harta, Penerjemah: Taufik Damas Lc, Editor: H. Abdurrahman Kasdi Lc, Penerbit: Pustaka al-Kautsar, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Juli 2004 M.

===

Abu Sahla Ary Ambary Ibnu Ahmad al-Bantani
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog