Skip to main content

Wajibnya memilih isteri yang sholihah

Pernikahan termasuk tanda-tanda kekuasaan ALLOH

3. Wajibnya memilih isteri yang sholihah

Suami membutuhkan seorang isteri, seperti dalam pepatah "Di belakang setiap pria sukses, ada isteri (yang menopang)." Wanita mempunyai kedudukan yang lebih dalam kehidupan pria, tetapi selayaknya bagi seorang Muslim untuk memilih wanita yang sholihah.

Menikah adalah sebuah keharusan, para 'Ulama berbeda pendapat tentang wajibnya menikah. Sebagian mereka berpendapat sunnah dan sebagian lain berpendapat wajib khususnya ketika ia takut dirinya akan terjatuh dalam zina. Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Wahai pemuda, siapa di antara kalian yang mampu maka menikahlah dan siapa di antara kalian yang tidak mampu, maka berpuasalah karena puasa itu perisai." (2)

Wajib atas kalian wahai Muslim, wahai hamba ALLOH! Apabila hendak menikah untuk memilih isteri sholihah, yang membantumu untuk menaati ALLOH, mendorongmu kepada kebaikan, dan mengingatkanmu ketika lalai. Dia pun bersabar dalam suka dan duka serta mendidik anaknya dengan pendidikan yang lurus, dialah yang menyempurnakan setengah agamamu. Dalam hadits Anas bin Malik ro-dhiyaLLOOHU 'anhu, Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Barangsiapa yang ALLOH berikan kepadanya isteri yang sholihah, maka hal itu telah membantu setengah agamanya, hendaklah dia bertaqwa kepada ALLOH pada setengahnya lagi." (3)

Sesungguhnya di antara tanda wanita yang sholihah adalah mempunyai agama, berdasarkan sabda Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam,

"Pilihlah wanita yang beragama niscaya kamu akan bahagia." (4)

Maksudnya kamu akan dipenuhi kebaikan.

Di antara kesempurnaan agama adalah hendaknya wanita itu mempunyai akhlaq yang baik, karena wanita yang jelek akhlaqnya akan merusak suami dan menghancurkan kehidupannya. Dalam hadits Abu Musa al-Asy'ari ro-dhiyaLLOOHU 'anhu, Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Tiga orang yang tidak dikabulkan do'anya...disebutkan di dalamnya: Laki-laki yang mempunyai isteri berakhlaq buruk kemudian tidak mau menthalaqnya." (5)

Sesungguhnya wanita yang mempunyai perangai buruk akan menjerumuskan suaminya kepada Jahannam, menyibukkan dia dengan berbagai kegelisahan serta menjadikannya lupa untuk mengingat ROBB-nya.

Bersambung...

===

(2) Riwayat Imam al-Bukhori dalam kitab Nikah, bab Siapa yang belum mampu ba'ah hendaklah berpuasa 7/6 nomor 4, Imam Muslim dalam kitab Nikah, bab Disunnahkan menikah bagi yang sudah tidak mampu menahan syahwat nomor 1400.

(3) Riwayat Imam al-Hakim dalam kitab al-Mustadrok, kitab Nikah 2/175 nomor 2681, dia berkata, "Hadits ini isnadnya shohih dan tidak dikeluarkan oleh Imam al-Bukhori dan Imam Muslim." Kata Imam adz-Dzahabi dalam kitab at-Talkhis, "Shohih." Diriwayatkan juga oleh Imam ath-Thobroni dalam kitab al-Ausath 1/522 nomor 972.

(4) Riwayat Imam al-Bukhori dalam kitab Nikah, bab al-Akfa fi ad-Diin nomor 4700, dan Imam Muslim dalam kitab ar-Rodhoo, bab Istihbab Nikah Dzat ad-Diin nomor 2661, dan Imam an-Nasa-i dalam kitab Nikah, bab Karohiyat Tazwiji an-Nisaa nomor 3178, dan Imam Abu Dawud dalam kitab Nikah, bab Maa Yu'maru min Tazwij Dzat ad-Diin nomor 1751, dan Imam Ibnu Majah dalam kitab Nikah, bab Tazwij Dzat ad-Diin nomor 1848, dan Imam Ahmad dalam Musnad-nya 2/428.

(5) Riwayat Imam al-Hakim dalam kitab al-Mustadrok, kitab Tafsir, bab Tafsir Suroh an-Nisaa' 2/331 nomor 3181, dia berkata, "Hadits ini shohih sesuai dengan syarat Syaikhain dan tidak dikeluarkan oleh keduanya karena para Shohabat Syu'bah menjadikannya mauquf kepada Abu Musa." Disetujui oleh Imam adz-Dzahabi dalam kitab at-Talkhis, diriwayatkan juga oleh Imam al-Baihaqi dalam kitab Sunan Kubro, kitab Syahadat, bab Ikhtiar fi Isyhad 10/247 nomor 20517, Imam al-Albani dalam kitab Silsilah al-Ahaadiits ash-Shohiihah 4/420 nomor 1805.

===

Sumber:
Kitab: an-Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam fii bay-tihi, Penulis: Dr. Muhammad bin Musa Alu Nashr, Judul terjemahan: Rumah Tangga Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, Penerjemah: Badrus Salam, Penerbit: Pustaka Imam Bukhori - Solo, Cetakan I, Januari 2003.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog