Skip to main content

Penciptaan ruh

Kematian

Penciptaan ruh

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rohimahuLLOOH menjelaskan, "Ruh manusia adalah makhluq yang diciptakan berdasarkan kesepakatan Salaf, imam-imam ummat dan seluruh Ahlus Sunnah. Banyak sekali imam-imam kaum Muslimin yang menyampaikan adanya ijma' bahwa ruh adalah ciptaan (makhluq), seperti Muhammad bin Nashr al-Marwazi, seorang imam ternama, imam yang paling tahu ijma' dan perbedaan pendapat di masanya, atau salah satu di antaranya. Seperti itu juga Muhammad bin Qutaibah." (34)

Pensyaroh kitab ath-Thohawiyah menjelaskan, "Ahlus Sunnah wal Jama'ah sepakat, ruh adalah makhluq. Di antara yang menukil ijma' tersebut adalah Muhammad bin Nashr al-Marwazi, Ibnu Qutaibah dan lainnya.

Di antara dalil bahwa ruh adalah makhluq, ALLOH Sub-haanahu wa Ta'aala berfirman, 'ALLOH adalah Pencipta segala sesuatu.' (Qur-an Suroh ar-Ro'd: ayat 16). Ayat ini umum, tidak ada yang mengkhususkannya sama sekali. Sifat-sifat ALLOH tidak termasuk di dalamnya karena sifat termasuk dalam inti nama. ALLOH adalah ROBB yang menyandang sifat-sifat sempurna. Ilmu, kuasa, kehidupan, pendengaran, penglihatan, dan semua sifat-sifat-NYA termasuk dalam inti nama-NYA. ALLOH dengan DZAT dan sifat-sifat-NYA adalah Pencipta, selain DIA adalah makhluq-NYA. Seperti yang kita ketahui, ruh bukan ALLOH, bukan pula salah satu di antara sifat-sifat-NYA, hanya merupakan salah satu ciptaan-NYA." (35)

===

(34) Kitab Majmu' al-Fatawa 4/216.

(35) Kitab Syarh ath-Thohawiyah halaman 391.

===

Sumber:
Kitab: ar-Riyad an-Naadiroh fii Shohiih ad-Daaril Akhiroh, Penulis: Dr. Ahmad Musthofa Mutawalli, judul terjemahan: Seri ke-1 (Serial Trilogi Alam Akhiroh) Misteri Kematian, Menguak fenomena kematian dan rentetan peristiwa dahsyat menjelang Kiamat, Penerjemah: Umar Mujtahid Lc, Penerbit: Darul Ilmi Publishing - Bogor, Cetakan II, Robiul Akhir 1434 H/ Februari 2013 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog