Skip to main content

Orang mukmin wafat dengan keringat di dahi

Kematian

Orang mukmin wafat dengan keringat di dahi

Diriwayatkan dari Buroidah ro-dhiyaLLOOHU 'anhu, Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam bersabda,

"Orang mukmin meninggal dengan keringat di dahi." (28)

Imam al-Qurthubi rohimahuLLOOH berkata, "Abdulloh berkata, 'Sungguh orang mukmin itu meninggal dengan kesalahan-kesalahan yang masih ada, kemudian dibalas saat mati, karena itulah dahinya berkeringat'."

Sebagian 'Ulama menyampaikan, orang mukmin mati dengan mengeluarkan keringat di dahi karena merasa malu kepada ROBB atas perintah-NYA yang ia langgar, karena bagian-bagian bawah tubuh sudah mati, yang tersisa hanya kekuatan hidup dan gerakan-gerakan tubuh bagian atas, rasa malu terdapat di kedua mata, dan saat berkeringat itulah orang mukmin merasa malu kepada ROBB, sementara orang kafir buta dari semua itu.

Ahli tauhid yang disiksa sibuk dengan siksa yang menimpa sehingga tidak sempat melakukan semua itu, keringat yang terlihat saat sekarat hanya untuk orang yang mendapatkan rohmat saja, sebab tidak ada seorang wali pun, orang yang benar imannya maupun orang yang berbakti melainkan merasa malu kepada ROBB, meski mendapat berita gembira, hadiah dan beragam kemuliaan. (29)

===

(28) Riwayat Imam at-Tirmidzi, hadits nomor 982, Imam Ibnu Majah, hadits nomor 1452, dishohihkan oleh Imam al-Albani dalam kitab Shohiih al-Jami', hadits nomor 1188.

(29) Kitab at-Tadzkiroh halaman 18-19.

===

Sumber:
Kitab: ar-Riyad an-Naadiroh fii Shohiih ad-Daaril Akhiroh, Penulis: Dr. Ahmad Musthofa Mutawalli, judul terjemahan: Seri ke-1 (Serial Trilogi Alam Akhiroh) Misteri Kematian, Menguak fenomena kematian dan rentetan peristiwa dahsyat menjelang Kiamat, Penerjemah: Umar Mujtahid Lc, Penerbit: Darul Ilmi Publishing - Bogor, Cetakan II, Robiul Akhir 1434 H/ Februari 2013 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog