Skip to main content

Benarkah Cara Anda Bermadzhab: Biografi penulis

Biografi penulis (1)

Di antara racun terbesar dari budaya fanatik madzhab pada masa belakangan ini adalah menyebar luasnya taqlid buta di tengah-tengah masyarakat, sehingga hampir tak satu negeri pun yang luput darinya. Termasuk di antara negeri yang dirambah oleh fanatisme golongan adalah Transoxiana yang didiami oleh suku Bakalkalah. Negeri itu telah dikelilingi oleh pemikiran-pemikiran 'Ulama kontemporer setempat tak ubahnya sebuah gelang yang melingkari pergelangan tangan.

Dengan kondisi demikian mereka berprinsip, bahwa seorang Muslim yang bertaqlid terhadap Abu Hanifah ro-dhiyaLLOOHU 'anhu berkeyakinan, bahwa orang yang bermadzhab Maliki, Syafi'i, dan Hambali berada dalam kesalahan dan kesesatan. Mereka juga berprinsip tidak boleh menikahi wanita yang bermadzhab Syafi'i karena dia telah kafir dalam tanda kutip.

Mereka juga berprinsip bahwa membai'at salah satu syaikh thoriqot sufi adalah wajib. Dan yang tertinggi adalah Naqsabandiyah.

Mereka juga beranggapan bahwa ahlus Sunnah itu adalah Maturidiyah dan Asya'iroh. Adapun selain mereka ahlul bid'ah.

Di tengah-tengah lingkungan yang berfaham sufi itulah al-Ma'shumi tumbuh dan dibesarkan hingga dewasa.

===

Nasab dan kelahiran beliau

Nama beliau, Abu 'Abdulkarim Muhammad Sulthon bin Abi 'Abdulloh Muhammad Aurun bin Muhammad Sair Sayid bin 'Abdurrohim bin 'Abdulloh bin 'Abdul Lathif bin Muhammad Ma'shum. Beliau populer dengan nama al-Ma'shumi al-Khujandi sebagai penisbatan kepada kakeknya yang tertua yaitu Muhammad Ma'shum.

Beliau dilahirkan di negeri Khujandah (2) dari bagian Transoxiana dan Farghonah di pinggir Saitun. (3)

Beliau dilahirkan di tengah keluarga yang kaya, terhormat, 'alim dan penuh dengan adab-adab Sunnah, pada tahun 1297 H.

Beliau belajar membaca dan menulis dari kedua orangtuanya.

===

Belajar dan petualangan beliau dalam menuntut 'ilmu serta guru-guru beliau

Beliau mulai mempelajari tulisan-tulisan dan kitab-kitab yang ditulis dengan bahasa Parsi, yang merupakan bahasa masyarakat setempat.

Kemudian mulailah beliau mempelajari kitab-kitab yang berbahasa Arob, seperti pelajaran Qowa'idush Shorf, an-Nahwu dan Balaghoh dari kitab Risalah al-Izzi, an-Zanjani, Awa'ilul Jurmani dan Kafiyah Ibnu Hajib kemudian barulah beliau mendalami 'ilmu manthiq dan filsafah. Seperti kitab Muslim al-'Ulum ma'a Syarhil Qodhi Mubarok, Hikmatul 'Ain wa Syarhiha dan Isyarat ar-Rois Ibnu Sina. Beliau juga mempelajari kitab-kitab 'aqidah, seperti kitab an-Nisfiyah, Adhudiyah, ath-Thohawiyah, Jauharoh at-Tauhid, as-Sanusiyah dan kitab-kitab yang lain melalui dua orang guru, yaitu Muhammad Audh al-Khujandi dan 'Abdurrozzaq ar-Roghinani al-Bukhori.

Pada waktu usia beliau dua puluh tiga tahun lebih, beliau telah menguasai 'ilmu yang dipelajarinya, mengetahui kesalahan dan pertikaian serta penyelisihan para muqollid (orang-orang yang bertaqlid) terhadap imam-imam mereka. Beliau mempublikasikan hal itu ke tengah-tengah masyarakat. Lalu para muqollid yang hanyut dalam fanatik madzhab tersebut menjadi marah terhadap bapak-bapak dan kakek-kakek mereka. Pada saat pertengkaran di antara dua belah pihak telah memuncak, beliau (al-Ma'shumi) berhasrat untuk berpetualang ke negeri Hijaz.

Sementara itu, beliau meninggalkan Bukhoro pada tahun 1323 H, bertepatan pada bulan Syawwal dengan penuh rasa tawakkal kepada ALLOH. Beliau mengendarai kereta api ke negeri Kurosan abadi. Dan dengan mengendarai kapal laut ke Badi kubah. Kemudian ke Teflis, kemudian ke Nawuro sisiki, kemudian ke Yalithoh, kemudian ke Siwasthubul, kemudian ke Audisa, kemudian sampai ke Istambul. Di sana beliau sempat melakukan sholat jum'at di sebuah masjid jami' Yuladuz. Dan beliau sempat menemui raja 'Abdul Hamid rohimahuLLOOH. Beliau melihat di pusat ibukota kerajaan Utsmaniyah apa yang membuat luka hati setiap kaum Mukminin yang ta'at.

Al-Ma'shumi rohimahuLLOOH berkata, "...kemudian kami melihat-lihat ke toko buku dan ke sebagian percetakan, lalu kami menemui kitab Syarhul Aqo'id an-Nisfiyah karya at-Taftazani. Buku tersebut dapat kami hafal karena sering mempelajarinya. Kami menemui bab imamah dalam buku tersebut telah dibuang, lalu kami menyelidiki sebab terjadinya hal itu. Ada sebuah pendapat menyatakan bahwa seorang imam itu harus dari keturunan Quroisy dan tidak boleh selain mereka.

Tatkala Abu Hadyi menjelaskan hal itu kepada Syaikh Sulthon 'Abdul Hamid bahwa masalah itulah yang menyebabkan orang Arob memerangi pemerintahan Turki. Lalu sultan pun mewajibkan membuang bab imamah dari kitab tersebut.

Maka kitab itu pun diterbitkan setelah bab imamah tersebut dibuang.

Tatkala masalahnya sudah jelas, kami pun merasa sedih atas sikap orang-orang Turki tersebut. Dan kepiluan kami pun tak terhingga." (4)

Kemudian al-Ma'shumi pergi menggunakan kapal laut melalui daerah Azmir, Iskandariyah dan Suez. Kemudian beliau berhenti melanjutkan petualangan pada tanggal delapan bulan Dzulhijjah tahun 1323 H ke Makkah al-Mukarromah guna melaksanakan 'ibadah hajjii. Di samping itu beliau mengunjungi sebagian 'Ulama negeri Hijaz. Seperti Syaikh Syu'aib bin 'Abdurrohman al-Maghribi al-Maliki. Dan beliau sempat belajar Shohihain, Muwaththo', dan Misykatul Mashobih darinya. Syaikh itu pun memberikan sanad dan ijazah kepada beliau.

Termasuk yang beliau kunjungi adalah Syaikh Sholih Kamal al-Hanafi, Syaikh Muhammad Murod ar-Romzi al-Qozani, Syaikh Muhammad Sa'id Babushoil asy-Syafi'i, Syaikh Ahmad Hadhrowi dan yang lainnya.

Adapun mayoritas para Syaikh tersebut adalah berfaham sufi yang mengakibatkan beliau terpengaruh dengan mereka. Beliau juga membai'at Syaikh Muhammad Ma'shum bin 'Abdurrosyid al-Majdadi an-Naqsyabandi, guru yang mengajari beliau mengulangi menyebut nama ALLOH di samping menghadirkan bentuk Syaikh tersebut di kala berdzikir. Kemudian guru itu memberikan ijazah suluk orang-orang murtad tersebut kepada beliau. Hanya saja haati beliau tidak merasa tenang dengan perbuatan itu. Beliau pun memohon pertolongan kepada ALLOH.

Setelah kejadian itu barulah beliau mulai belajar 'ilmu tafsir dan kitab-kitab Sunnah serta penjelasannya.

Beliau menyaksikan di Masjidil Harom perbuatan bid'ah dalam bentuk madzhab imam yang empat. Adapun pengikut madzhab Hanafi tidak mau mengikuti madzhab Syafi'i. Apabila dia duduk dalam barisan shof, dia pun menunggu jama'ah madzhabnya datang. Demikianlah yang dilakukan setiap pengikut madzhab.

Setelah beliau berdiam di negeri yang penuh dengan kedamaian (Makkah) selama tiga tahun, beliau menziarohi masjid Rosululloh shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, di samping itu juga beliau menemui 'Ulama-'ulama yang baik, seperti Syaikh 'Abdulloh al-Qudumi al-Hambali. Beliau belajar darinya beberapa juz dari kitab Musnad dan kitab Awa'il Kasyf al-Khofa'. Demikian juga Syaikh Ahmad Barzanji. Beliau belajar darinya Shohih al-Bukhori. Seluruh guru beliau memberikan rekomendasi dan sanad ijazah kepada beliau.

Dari kota tersebut, beliau berniat untuk kembali ke negeri Syiria. Beliau mengendari unta pilihan sampai memasuki Khoibar, Ala dan Madain Sholih. Kemudian beliau menunggangnya kembali hingga memasuki kota yang damai. Di sana beliau naik kereta api sampai ke kota Tabuk, Ma'an, Ma'an al-Balqo dan Dar'a hingga ke daerah Damaskus di Syam. Sementara selama di sana, beliau menyempatkan belajar kepada 'Ulama negeri itu. Seperti Syaikh Badruddin Yusuf al-Ma'mar seorang muhaddits yang wafat pada tahun 1354 H, dan Syaikh 'Abdul Hakim al-Qodahari serta Syaikh Abu Khoir bin 'Abidin dan 'Ulama yang lainnya, seluruh 'Ulama yang beliau jumpai tersebut memberikan ijazah kepada beliau.

Selama beliau berada di Damaskus, beliau membantah kumpulan orang al-Maulawiyah yang melakukan tarian, joged serta bernyanyi sambil diiringi dengan rebana. Demikian juga terhadap orang-orang Rifa'iyah al-Batho'ihiyah yang melakukan dzikir syaithon dan tarian iblis.

Kemudian beliau menuju kota Beirut. Di sana beliau sempat bertemu dengan Syaikh 'Abdurrohman bin Darwis al-Haut dan Syaikh Yusuf an-Nabhani. Kemudian beliau menziarohi masjid al-Aqsho dan berdiam di sana beberapa hari. Kemudian beliau berangkat menuju Mesir melalui jalan Bur Said dan al-Isma'iliyah, dan sampailah beliau di kota Kairo. Beliau di sana berdiam di Universitas al-Azhar di kota Sulaimani. Selama di sama beliau sempat menjumpai Syaikh Muhammad Bukhit al-Muthi'i dan Syaikh Muhammad Rosyid Ridho. Beliau juga berlangganan majalah al-Manar dan membeli semua edisinya serta buku-buku karya Muhammad 'Abduh serta kitab-kitab Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dan muridnya Ibnul Qoyyim al-Jauziyah yang telah dicetak. Setelah beliau membeli kitab-kitab tersebut semampunya selain majalah-majalah, beliau pun kembali ke negerinya dan keluarganya melalui Yunani, kemudian terus ke Istambul, lalu ke Adisa. Sesampainya beliau di sana, beliau naik kereta api menuju kota Khorikuf, Moskow, terus ke Batra, Samara terus ke Adabar dan Taskend hingga beliau sampai kampung halamannya, lalu beliau menemui kedua orang tuanya untuk mengucapkan keselamatan kepada mereka berdua.

Selama beliau tinggal di negerinya, kesibukan beliau adalah mengajar di sebuah sekolah yang didirikan oleh orang tuanya. Di samping itu juga beliau bersungguh-sungguh mempelajari kitab-kitab Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qoyyim al-Jauziyah serta Ibnu 'Abdil Bar rohimahumuLLOOH. Dengan perantaraan itu semakin jelaslah bagi beliau kebenaran. Dari sanalah beliau terpilih sebagai Mufti dan Hakim pada tahun 1328 H. Itulah langkah pertama beliau dikenal oleh publik.

Dalam petualangan semasa hidup beliau tersebut, beliau dapat meneliti dan menyingkap setiap persoalan beserta argumentasinya semampunya. Beliau juga membandingkan dalil kitab dengan kitab-kitab lainnya di samping mengukurnya dengan barometer al-Qur-an dan as-Sunnah. Dari sanalah beliau mengerti kebersihan manhaj Salaf, lalu beliau memegangnya erat-erat dan langsung ikut serta dalam membantah orang-orang taqlid buta terdahulu dan kontemporer. Dengan usaha beliau itu, jadilah beliau sebagai reformis di negeri di balik sungai tersebut. Manhaj Salaf menjadi populer, maka runtuhlah bangunan-bangunan Qubah dan kuburan-kuburan serta batu-batu nisan yang selama ini disembah selain ALLOH.

===

Cobaan dan kesabaran beliau

Di kala beliau sedang berada di tenga kondisi menjalankan dakwahnya kepada ALLOH, muncullah revolusi besar-besaran dari penganut faham komunis pada tahun 1918 M.

Dengan kondisi tersebut, mayoritas masyarakat mendatangi mereka bersama-sama sambil membawa spanduk yang bertuliskan "Laa ilaaha illaLLOOH, Muhammadur Rosululloh, dan di bawahnya bertulisan al-Hurriyah wal 'Adalah wal Musawah (Kemerdekaan, Keadilan dan Persamaan). Motto itulah yang mereka jadikan sebagai pondasi setiap majelis dan mahkamah bagi penganut agama Islam. Mereka juga memilih beliau sebagai pemimpin gerakan tersebut. Sementara itu beliau melakukan perjalanan ke Moskow untuk bergabung dalam majelis para 'Ulama dan para delegasi berbagai daerah. Namun beliau tinggal di sana hanya beberapa bulan saja.

Dalam sebuah kekuasaan yang diperintah oleh Lenin dan Stalin kala itu yang sering memperlihatkan kekejamannya, rakyat pun hidup di bumi penuh dengan kerusakan. Mereka pun membantai dan membunuh para 'Ulama, sehingga beribu-ribu orang melarikan diri ke Kutub selatan. Dan kebanyakan mereka meninggal dunia, sedangkan sebagiannya berhasil lolos dengan pertolongan ALLOH. Adapun beliau (al-Ma'shumi) dipenjarakan pada tahun 1342 H di Khujandah. Kemudian beliau dibebaskan dengan rohmat dari ALLOH. Pada tahun 1344 H, beliau kembali dipenjarakan untuk kedua kalinya. Setelah beliau dibebaskan dari hal itu dengan rohmat ALLOH, beliau pun pindah dari Khujandah ke negeri Marghinan. Beliau disambut masyarakat setempat sekaligus mereka jadikan sebagai hakim.

Kala itu para komunis selalu memantau gerak-gerik beliau dengan ketat. Sehingga beliau menerapkan hukum hanya buat pribadinya sendiri, karena tidak mungkin kebenaran akan diterapkan. Akan tetapi cobaan dan fitnah terus menimpa dirinya. Lalu orang-orang kafir itu terus mengawasinya di negeri Taskend dengan pantauan semua masyarakat, sehingga perbekalan mereka pun habis.

Tatkala beliau kembali ke Murghinan bagian negeri Firghonah, orang-orang kafir itu pun mendatangi rumahnya dan menyita harta simpanan beliau sebanyak dua puluh ribu keping emas. Sementara itu beliau ditangkap dan diadili dengan hukuman tembak. Hanya saja ALLOH menyelamatkan beliau dari siasat busuk mereka itu. Beliau dapat melarikan diri ke negeri cina pada tahun 1928 M, beliau tinggal di sana selama beberapa tahun. Bertepatan pada bulan Dzulhijjah pada tahun 1353 H, beliau meninggalkan negeri cina dan bertekad menuju kota Makkah. Bertepatan pada bulan Dzulqo'dah tahun 1353 H itu juga, beliau sampai dengan selamat dan langsung berdomisili di sana. Selama beliau di Makkah, beliau menjadi guru di Darul Hadits. Pada musim hajji, beliau bertugas sebagai pemberi pengarahan kepada orang-orang yang sedang menunaikan 'ibadah hajji di Masjidil Harom dengan bahasa Turki. Para hajji dari negeri Turki pun ramai mendatangi kajian beliau. Beliau dapat mengirim surat kepada orang tuanya dengan perantaraan mereka.

Berita orang tuanya terputus setahun menjelang beliau wafat.

Beliau wafat pada tahun 1380 H. Semoga ALLOH merohmati beliau dan memberinya kehidupan bahagia di dalam Surga dengan nikmat dan kemurahan-NYA.

===

(1) Sumber biografi beliau, dikutip dari kitab Mukhtashor Tarjamah Halu Muhammad Sulthon keterangannya ditambah dengan risalah beliau Hukmulloh al-Wahid ash-Shomad fi Hukmi ath-Tholib minal Mayyit al-Midad halaman 47-96. Dan dalam muqoddimah kitab Hablu Syar'il Matin halaman 14-16. Dan dalam kitab Bid'uhu at-Ta'ashshub al-Madzhabi karya Muhammad Id Abbas halaman 274-275.

(2) Yaqut al-Hamawi berkomentar dalam kitab Mu'jamul Buldan 2/347, Ibnu al-Faqih berpuisi terhadap seorang laki-laki dari penduduk negeri tersebut,
Kami belum pernah melihat sebuah negeri di negeri Timur, atau negeri Barat yang lebih suci daripada Khujandah.
Yaitu negeri al-Ghorro, menakjubkan orang yang memandangnya, dalam bahasa Persia disebut Mazandah.

(3) Lihat kitab Mirshodul Iththila' 2/764.

(4) Dalam kitab Hukmulloh Wahidush Shomad fi Hukmith Tholib minal Mayyitil Midad karya Muhammad Sulthon al-Ma'shumi halaman 54-55. Kami (muhaqqiq) berkomentar, "Hal itub benar-benar menjadi saksi atas pergerakan politik dalam menyebarluaskan pemikiran-pemikiran madzhab."

===

Sumber:
Kitab: Halil Muslim Mulzam bittiba' Madzhab Mu'ayyan Minal Madzahib al-Arba'ah, Penulis: Syaikh Muhammad Sulthon al-Ma'shumi al-Khujandi, Penerbit: Dar Ibnul Qoyyim Dammam - Kerajaan Saudi Arobia, Cetakan I, Tahun 1422 H/ 2001 M. Judul terjemahan: Benarkah cara anda bermadzhab, Penerjemah: Abu Humaira Lc, Penerbit: Darul Haq Jakarta, Cetakan I, Tahun Robiul Awwal 1426 H/ April 2005 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog