Skip to main content

Tafsir wanita: Surat al-Baqarah: Hukum-hukum puasa: Kesimpulan

Tafsir wanita

Surat al-Baqarah

Hukum-hukum puasa

Kesimpulan yang bisa kita tarik dari ayat ini adalah:

Bolehnya berhubungan intim pada waktu malam puasa.

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullaah berkomentar (1) tentang firman Allah, "Mereka itu adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah Maha Mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan hawa nafsumu," yakni; kalian bersetubuh dengan isteri kalian dan kalian minum setelah Isya', "Karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu, maka sekarang campurilah mereka," yakni; berhubungan badanlah dengan mereka, "Carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu," yakni; anak, "Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam," yakni; fajar, "Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai datang malam." Maka yang demikian itu, merupakan kelapangan dari Allah dan sebagai rahmat-Nya.

Sedangkan firman-Nya, "Carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu," Abu Hurairah, Ibnu 'Abbas, Anas radhiyallaahu 'anhum dan yang lainnya berkata, "Yakni; anak." Sedangkan 'Abdurrahman bin Zaid bin Aslam berkata mengenai firman Allah, "Carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu," yakni; jima'.

Adapun Amr bin Malik bin al-Bakri dari Abul Jauza' dari 'Abdullah bin 'Abbas radhiyallaahu 'anhuma, "Carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu," yakni; malam Lailatul Qadr. Ini diriwayatkan oleh Imam Ibnu Abi Hatim dan Imam Ibnu Jarir.

Bersambung...

===

(1) Kitab Tafsir al-Qur-an al-'Azhim dengan editing 1/298.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Tafsir al-Qur-an al-Azhim li an-Nisa', Penulis: Syaikh Imad Zaki al-Barudi, Penerbit: al-Maktabah at-Taufiqiyyah, Kairo - Mesir, Judul terjemahan: Tafsir wanita, Penerjemah: Samson Rahman MA, Penerbit: Pustaka al-Kautsar, Jakarta - Indonesia, Cetakan pertama, Juni 2004 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog