Skip to main content

Qiyam Ramadhan: I'tikaf: Syarat-syarat I'tikaf (1)

Qiyam Ramadhan

I'tikaf

Syarat-syarat I'tikaf

1. I'tikaf hanya disyari'atkan di dalam masjid, berdasarkan firman Allah:

"Janganlah kamu campuri mereka itu (45), sedang kamu beri'tikaf dalam masjid."
(Qur-an Surat al-Baqarah: ayat 187) (46)

'Aisyah radhiyallaahu 'anhuma berkata:

"Menurut Sunnah, orang yang beri'tikaf janganlah keluar dari tempat i'tikafnya kecuali jika ada kebutuhan yang sangat mendesak yang harus dikerjakan. Janganlah menjenguk orang sakit, janganlah menggauli isteri, janganlah mencumbuinya dan janganlah beri'tikaf di selain masjid jami'. Dan menurut Sunnah, orang yang beri'tikaf hendaklah mengerjakan shaum." (47)

Bersambung...

===

(45) Yaitu jangan kalian setubuhi mereka (para isteri). Ibnu 'Abbas radhiyallaahu 'anhuma berkata: Kalimat al-Mubasyarah dan al-Mulasamah dan al-Mass maksudnya adalah jima'. Allah memberi kinayah dengan apa saja yang Dia kehendaki dengan kinayah yang dikehendaki-Nya pula. Diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi 4/321 dengan sanad yang seluruh perawinya tsiqah.

(46) Imam al-Bukhari membawa ayat ini sebagai dalil untuk permasalahan di atas. Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata: "Bentuk pengambilan dalil dari ayat di atas adalah sekiranya i'tikaf itu boleh dilakukan di tempat selain masjid maka tentunya larangan bersetubuh tidaklah dikhususkan di masjid saja! Sebab jima' dapat membatalkan i'tikaf menurut ijma' 'ulama. Maka dapatlah diketahui bahwa penyebutan masjid di situ maksudnya adalah i'tikaf tidaklah sah kecuali di dalam masjid."

(47) Hadits Riwayat Imam al-Baihaqi dengan sanad yang shahih, Imam Abu Dawud dengan sanad yang hasan. Dan riwayat 'Aisyah radhiyallaahu 'anhuma berikutnya adalah riwayat Imam Abu Dawud. Aku telah mencantumkan takhrijnya dalam kitab Shahih Abi Dawud 2135 dan al-Irwa' 966.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Qiyaamu Ramadhaan, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, Judul terjemahan: Qiyam Ramadhan, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari dan Siti Khoiriyah, Penerbit: at-Tibyan - Solo, Cetakan I, 2001 M.

===

Layanan GRATIS Konsultasi, Estimasi Biaya dan Survei Lokasi: Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog