Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Definisi Bekam

Sembuh dengan Satu Titik

Bagian Pertama

Sekilas Tentang Bekam

Definisi Bekam

Bekam mempunyai beberapa sebutan, seperti: canduk, canthuk, kop, atau mambakan. Di Eropa disebut cupping dan fire bottle. Dalam bahasa mandarin disebut Pa Hou Kuan. Dalam bahasa Arab disebut hijamah, dari kata al-Hijmu yang berarti pekerjaan, yaitu membekam. Al-Hajjam berarti Ahli Bekam. Al-Hijmu berarti menghisap atau menyedot. Sedangkan al-Mihjam atau al-Mihjamah merupakan alat untuk membekam, yang berupa gelas untuk menampung darah yang dikeluarkan dari kulit, atau gelas untuk mengumpulkan darah hijamah.

Maka secara bahasa, bekam berarti menghisap. Menurut istilah, bekam berarti peristiwa penghisapan kulit, penyayatan dan mengeluarkan darahnya dari permukaan kulit, yang kemudian ditampung di dalam gelas.

Dalam buku-buku Eropa, bekam didefinisikan dengan "It is a therapeutic method in which a jar or cup is attached to surface of the skin to cause local congestion. This is achieved by the creation of a negative pressure inside the cup via the introduction of ignited material into the jar to become local blood statis, and then aspirate blood from the skin, to promote the circulation of qi anda blood, induce an analgesic effect, subdue swelling and expel wind, cold and damp pathogens. (Bekam adalah suatu metode pengobatan dengan menggunakan tabung atau gelas yang ditelungkupkan pada permukaan kulit agar menimbulkan bendungan lokal. Hal ini disebabkan oleh tekanan negatif di dalam tabung, yang sebelumnya benda-benda dibakar dan dimasukkan dalam tabung, agar terjadi pengumpulan darah lokal. Kemudian darah tersebut dikeluarkan dari kulit dengan dihisap, dengan tujuan meningkatkan sirkulasi energi chi dan darah, menimbulkan efek analgetik (menghilangkan nyeri), mengurangi pembengkakan, serta mengusir pathogen angin, baik dingin maupun lembab).

Sedangkan kitab-kitab Arab, memberikan pengertian tentang bekam sebagai berikut:

Bekam adalah mengeluarkan darah dari kulit dengan cara menghisap, kemudian penyayatan ringan pada permukaan kulit, kemudian dilakukan penghisapan lagi agar darah bisa keluar dan menimbulkan kesembuhan dengan izin Allah Ta'ala.

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog