Skip to main content

Benarkah Shalahuddin al-Ayubi merayakan maulid Nabi? Para 'ulama Ahlus Sunnah tidak melarang kaum muslimin untuk beribadah kepada Allah, akan tetapi para 'ulama Ahlus Sunnah melarang kaum muslimin dari perbuatan bid'ah dalam agama (13)

Benarkah Shalahuddin al-Ayubi merayakan maulid Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?

Para 'ulama Ahlus Sunnah tidak melarang kaum muslimin untuk beribadah kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala, akan tetapi para 'ulama Ahlus Sunnah melarang kaum muslimin dari perbuatan bid'ah dalam agama.

Ke-3: Imam an-Nawawi rahimahullaah (3).

Imam an-Nawawi telah berkata di dalam kitabnya al-Majmu' Syarah al-Muhadzdzab 4/56:

(Yang kesepuluh) shalat yang biasa dikenal dengan shalat raghaa-ib, yaitu shalat yang terdiri dari 12 raka'at yang dilaksanakan di antara waktu Maghrib dan 'Isya, pada malam Jum'at yang pertama di bulan Rajab. Dan juga shalat malam nishfu Sya'ban yang terdiri dari 100 raka'at. Kedua macam shalat ini adalah perkara yang bid'ah munkarah yang jelek. Dan jangan pula kamu tertipu dalam hal ini hanya lantaran bid'ah ini telah disebutkan di dalam kitab Qutul Qulub dan kita Ihya 'Ulumuddin dan selain kedua kitab tersebut ataupun hadits yang menyebutkan keutamaan kedua shalat tersebut, karena seluruh hadits tersebut bathil. Dan jangan pula kamu tertipu dengan apa yang telah disebutkan oleh sebagian 'ulama (164) yang telah menghukumi dengan sunnah di dalam sebuah risalah yang ditulis olehnya, karena sesungguhnya 'ulama itu telah tersalah di dalam menghukuminya. Dan Syaikh al-Imam Abu Muhammad 'Abdurrahman bin Isma'il al-Maqdisi (165) telah menulis kitab yang bagus di dalam menerangkan bathilnya kedua macam shalat tersebut, dan beliau telah menerangkan keterangan yang bagus sekali di dalam kitabnya tersebut." (166)

Bersambung...

===

(164) Yang dimaksud adalah Imam Ibnu Shalah.

(165) Yang terkenal dengan sebutan Imam Abu Syamah, dan telah berlalu biografinya di atas.

(166) Yang dimaksud adalah kitab beliau yang berjudul al-Ba'its 'ala Inkaril Bida' wal Hawadits.

===

Maraji'/ Sumber:
Judul buku: Benarkah Shalahuddin al-Ayubi merayakan Maulid Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?, Penulis: Ustadz Ibnu Saini bin Muhammad bin Musa rahimahullaah, Muraja'ah: Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullaah, Penerbit: Maktabah Mu'awiyah bin Abi Sufyan, Jakarta - Indonesia, Cetakan ketiga, Syawwal 1435 H/ Agustus 2014 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog