Skip to main content

Manajemen Umur: Hal-hal yang menyebabkan panjang umur: Lakukan 'amal yang berpahala ganda: Dzikir yang berpahala ganda: Tasbih (2)

Manajemen Umur - Resep Sunnah menambah pahala dan usia

Hal-hal yang menyebabkan panjang umur

Lakukan 'amal yang berpahala ganda

9. Dzikir yang berpahala ganda.

a. Tasbih (2).

Pelajaran lain yang dapat ditarik dari hadits tersebut adalah dzikir itu dapat membantu untuk merenungi keagungan makhluk Allah dan betapa kecil dan hinanya anak cucu Adam jika dibanding dengan makhluk-makhluk Allah tersebut. Hal itu membantu kita merenungkan keagungan Allah yang telah menciptakan alam semesta ini secara harmonis. Tidak aneh jika Allah memerintahkan kita untuk mengagungkan-Nya sewaktu adzan dikumandangkan, saat shalat dan setelah shalat lebih banyak dari 280 kali sehari semalam. Agar hanya Nama Allah sajalah yang diagungkan dalam diri kita dan hanya pada-Nya kita memohon pertolongan.

Kadang kita menemukan orang-orang yang memikirkan kemampuan manusia dan kecanggihan teknologi yang telah dicapai lebih banyak jumlahnya daripada orang-orang yang merenungkan keagungan Allah. Karena itu, ada beberapa orang yang apabila melihat perangkat komputer dengan kemampuan kecepatan dan ketelitian yang luar biasa dan dikemas dalam ukuran sangat kecil, mereka menggeleng-gelengkan kepala karena takjub berkata, "Ini pasti hasil produksi negara ini. Karena produk yang dibuat negara tersebut selalu bagus dan berkualitas."

Ada juga yang berkata, "Kalau engkau ingin membeli suatu barang, maka carilah produk yang dibuat oleh negara ini." Kenapa kesan ini bisa tertanam? Sebab, mereka yakin dan percaya akan hasil produksinya. Sebaliknya, kita hampir tidak menemukan orang yang memikirkan tentang ke-Mahabijaksana-an Allah apalagi yakin bahwa Allah Mahabijaksana dan Maha Mengetahui, yakin tak ada makhluk yang diciptakan Allah kecuali sangat indah, bagus serta kokoh. Allah Maha Berkuasa atas segala macam yang Dia ciptakan. Firman Allah Subhaanahu wa Ta'aala:

"Itulah ciptaan Allah yang membuat segala sesuatu dengan kokoh. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."
(Qur-an Surat an-Naml: ayat 88)

Allah Maha Mengetahui kemaslahatan ummat manusia ketika Dia memerintahkan sesuatu, baik itu politik, ekonomi, sosial dan lainnya. Lalu sampai kapan kita tidak meyakini dan mempercayai hukum-hukum Allah. Sebaliknya, kita lebih mempercayai hukum dan undang-undang manusia. Padahal yang mereka ketahui dari kehidupan ini hanya kulit luarnya saja, tak pernah lebih. Firman Allah:

"Mereka hanya mengetahui yang nampak dari kehidupan dunia."
(Qur-an Surat ar-Rum: ayat 7)

Abu Umamah radhiyallaahu 'anhu meriwayatkan, suatu ketika Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam melihatku sedang menggerakkan kedua bibir. Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam lalu bersabda, "Apa yang engkau ucapkan wahai Abu Umamah?" Aku menjawab, "Aku sedang berdzikir." Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam lanjut bersabda, "Maukah engkau aku tunjukkan sesuatu yang lebih banyak pahalanya daripada dzikir yang engkau lakukan siang dan malam? Ucapkanlah,

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ عَدَدَ مَاخَلَقَ, وَالْحَمْدُ لِلَّهِ مِلْءَ مَاخَلَقَ, وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَدَدَ مَافِي السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ, وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَدَدَ مَا اَحْصَىكِتَابُهُ, وَالْحَمْدُ لِلَّهِ مِلْءَ مَااَحْصَىكِتَابُهُ, وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَدَدَ كُلِّ شَيْءِ, وَالْحَمْدُ لِلَّهِ مِلْءَ كُلِّ شَيْءٍ

Al-Hamdulillaahi 'adada maa khalaqa, wal hamdulillaahi mil-a maa khalaqa, wal hamdulillaahi 'adada maa fis samawaati wal ardhi, wal hamdulillaahi 'adada maa ah-sha kitaabuhu, wal hamdulillaahi mil-a maa ah-sha kitaabuhu, wal hamdulillaahi 'adada kulli syai-in, wal hamdulillaahi mil-a kulli syai-in.

"Segala puji bagi Allah sejumlah apa yang Dia ciptakan. Segala puji bagi Allah sepenuh apa yang Dia ciptakan. Segala puji bagi Allah sejumlah apa yang ada di langit dan di bumi. Segala puji bagi Allah sejumlah apa yang dihitung oleh Kitab-Nya. Segala puji bagi Allah sepenuh apa yang dihitung oleh Kitab-Nya. Segala puji bagi Allah sejumlah segala sesuatu. Dan segala puji bagi Allah sepenuh segala sesuatu."

Ucapkanlah tasbih seperti itu."

Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berkata, "Engkau telah mengetahuinya maka ajarilah orang-orang yang datang berikutnya." (107)

Aku tidak perlu mengomentari hadits ini agar engkau bisa menghitung sendiri dan membayangkan besar dan banyaknya pahala yang bisa engkau dapatkan melebihi dzikir yang dilakukan siang dan malam. Harapannya, engkau mempelajari dan mengajarkannya kepada orang lain sebagai sambutan terhadap perintah Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam.

Bersambung...

===

(107) Diriwayatkan oleh Imam ath-Thabrani dalam kitab Mu'jam al-Kabir dengan lafazhnya, hadits nomor 7930, Imam al-Haitsami dalam kitab Majma' az-Zawa-id 10/94, berkata, "Hadits tersebut diriwayatkan oleh ath-Thabrani dan al-Bazzar yang dalam sanadnya terdapat Laits bin Abu Sulaim dengan derajat tsiqah (terpercaya) namun mukhthalith (hafalannya menjadi kacau di akhir hidupnya). Abu Isra'il al-Mala'i menilai hadits ini hasan. Perawi-perawi mereka berdua selain yang di atas shahih. Dalam kitab at-Targhib wa at-Tarhib, Imam al-Mundziri meriwayatkan hadits ini dari Imam Ibnu Abi ad-Dunya dan berkata, "Hadits tersebut diriwayatkan oleh Ahmad, Ibnu Abi ad-Dunya dengan lafazhnya, an-Nasa-i, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dalam kitab Shahihnya meriwayatkannya secara ringkas." Imam al-Hakim berkomentar, "(Hadits ini) shahih menurut syarat Syaikhain (Imam al-Bukhari dan Imam Muslim, -ed)." Hadits ini juga diriwayatkan oleh Imam ath-Thabrani dengan dua sanad, yang mana salah satunya hasan. Imam al-Albani juga meriwayatkannya dalam kitab Shahih al-Jami', hadits nomor 2615 dan ia menilai shahih hadits tersebut.

===

Maraji'/ Sumber:
Kitab: Kaifa Tuthiilu 'Umruka al-Intaajii, Penyusun: Muhammad bin Ibrahim an-Nu'aim, Pengantar: Syaikh Dr. Shalih bin Ghanim as-Sadlan, Syaikh 'Abdurrahim bin Ibrahim al-Hasyim, Penerbit: Daar adz-Dzakhair, Dammam - Arab Saudi, Cetakan ke-3, Tahun 1422 H, Judul terjemah: Manajemen Umur, Resep Sunnah Menambah Pahala dan Usia, Penerjemah: M. Yasir 'Abdul Muthalib Lc, Penerbit: Pustaka at-Tazkia, Jakarta - Indonesia, Cetakan Pertama, Rabi'ul Awwal 1426 H/ Mei 2005 M.

===

Layanan gratis estimasi biaya rangka atap baja ringan, genteng metal, dan plafon gypsum:
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog