Skip to main content

Benarkah Shalahuddin al-Ayubi merayakan maulid Nabi? Para 'ulama Ahlus Sunnah tidak melarang kaum muslimin untuk beribadah kepada Allah, akan tetapi para 'ulama Ahlus Sunnah melarang kaum muslimin dari perbuatan bid'ah dalam agama (14)

Benarkah Shalahuddin al-Ayubi merayakan maulid Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?

Para 'ulama Ahlus Sunnah tidak melarang kaum muslimin untuk beribadah kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala, akan tetapi para 'ulama Ahlus Sunnah melarang kaum muslimin dari perbuatan bid'ah dalam agama.

Ke-4: Imam as-Suyuthi rahimahullaah.

Imam as-Suyuthi mengatakan tentang bid'ah shalat Alfiyah di perayaan malam nishfu Sya'ban di dalam kitabnya Amru bil Ittiba' wan Nahyu 'anil Ibtida' halaman 18:

Dan di antaranya juga adalah: (Bid'ahnya) shalat Alfiyah pada malam nishfu Sya'ban, dan shalat tersebut adalah shalat yang panjang dan tersendiri yang tidak pernah ditetapkan di dalam satupun hadits yang shahih maupun hadits yang dha'if sekalipun (dari Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam). Dan bid'ah ini telah menjadi fitnah yang besar di tengah-tengah orang-orang awam, terlebih lagi dengan semakin banyaknya orang yang mengamalkannya di masjid-masjid yang ada di negeri-negeri kaum Muslimin. Bahkan di dalam pelaksanaannya terdapat banyak perbuatan fasik dan maksiat, selain juga terdapat ikhtilath (percampuran antara kaum wanita dan pria di satu tempat) dan juga fitnah-fitnah yang lainnya dari perkara yang mungkar yang tidak perlu lagi untuk diungkap lantaran semua itu telah diketahui bersama.

Bersambung...

===

Maraji'/ Sumber:
Judul buku: Benarkah Shalahuddin al-Ayubi merayakan Maulid Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam?, Penulis: Ustadz Ibnu Saini bin Muhammad bin Musa rahimahullaah, Muraja'ah: Ustadz 'Abdul Hakim bin Amir Abdat hafizhahullaah, Penerbit: Maktabah Mu'awiyah bin Abi Sufyan, Jakarta - Indonesia, Cetakan ketiga, Syawwal 1435 H/ Agustus 2014 M.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog