Skip to main content

Sembuh dengan Satu Titik: Pengantar Penulis (2)

Sembuh dengan Satu Titik

Pengantar Penulis

Selain itu, banyak SMS dan telepon yang masuk kepada penulis yang menanyakan tentang bekam. Dari SMS dan telepon tersebut, diketahui bahwa kebanyakan juru bekam hanya membekam dengan melihat gambar saja, tanpa tahu maksud dan tujuan gambar tersebut. Ada pula yang melakukan bekam secara ngawur. Mereka mengambil titik bekam semaunya sendiri, tanpa dasar dan landasan yang sesuai.

Di samping itu, banyak pula pendapat yang kurang tepat di kalangan juru bekam, yakni adanya anggapan bahwa bekam merupakan obat segala-galanya, sehingga semua penyakit diobati dengan bekam. Padahal kemampuannya terbatas, dan penyakit tersebut sudah di luar kemampuannya dan di luar jangkauan bekam. Begitu juga ada anggapan bahwa bekam merupakan satu-satunya thibbun nabawi, sedangkan pengobatan lain yang banyak dilakukan saat ini dianggap bukan thibbun nabawi.

Oleh karena itu, dengan memperhatikan hal-hal di atas, dengan izin dan pertolongan Allah 'Azza wa Jalla, penulis menyajikan sebuah buku kepada pembaca yang berjudul "Sembuh dengan Satu Titik: Membuktikan Kemujaraban Bekam untuk 100 Penyakit". Dalam bagian pertama buku ini akan dijelaskan tentang Definisi Bekam, Sejarah Perkembangan Bekam, Kedudukan Bekam, Thibbun Nabawi dan Kedokteran Modern, Pengertian Thibbun Nabawi, Hadits-hadits tentang Bekam, Patofisiologi dan Cara Kerja Bekam, dan Bagaimana Bekam bisa Menyembuhkan Penyakit.

Beberapa kekurangan lainnya yang masih sering dilakukan juru bekam adalah melakukan bekam dengan gelas sebanyak-banyaknya. Dimana ada keluhan, di daerah itulah yang dibekam sehingga apabila keluhannya banyak, maka gelas yang dipakai juga banyak. Hal ini terjadi karena dalam beberapa buku bekam yang beredar saat ini, digambarkan bahwa satu penyakit mempunyai banyak titik, sehingga memerlukan gelas yang banyak. Padahal, sebenarnya penggunaan titik tersebut tergantung dari tingkat keparahan dan komplikasi penyakitnya. Selain itu, bila kita mengetahui cara kerja dan patofisiologi bekam, maka dengan satu atau dua gelas saja, keluhan penyakit tersebut bisa disembuhkan. Oleh karena itu, dalam bagian ketiga buku ini penulis memberikan contoh bekam untuk 100 penyakit, dimana satu penyakit cukup diobati dengan satu titik atau satu gelas saja. Titik-titik tersebut diperoleh dari pengalaman penulis, serta dari beberapa referensi buku-buku bekam dan akupunktur dalam dan luar negeri, juga dari buku-buku kedokteran timur maupun kedokteran barat.

Agar bisa melakukan bekam dengan benar dan profesional, perlu dipelajari dasar-dasar pengobatan bekam. Karena saat ini lebih mudah mempelajari bekam dengan pendekatan ilmu akupunktur yang merupakan salah satu dari ilmu kedokteran tradisional. Maka, pada bagian kedua buku ini, penulis menjelaskan tentang teknik bekam dengan melalui pendekatan ilmu kedokteran tradisional. Di samping itu, juga dimuat 10 Langkah Melakukan Bekam, Hal-hal yang Terjadi saat Membekam, Berbagai Teknik dan Cara Membekam, Bagaimana Cara Memilih Titik Bekam yang Efektif, Titik-titik Bekam sesuai Akupunktur, Titik-titik Bekam Punggung, Titik Bekam Dada dan Perut, Titik Bekam Kepala, dan Titik Bekam Nabi.

Harapan penulis, semoga buku ini bisa menjadi 'jembatan' agar pembaca bisa lebih mudah memahami bekam dan menjadi pemacu agar tetap bersemangat mengamalkan bekam. Sebab, ilmu pengobatan bekam sangat luas dan sungguh menarik untuk dipelajari. Kalau bukan kita, lalu siapa?

Bagi pembaca yang belajar ataupun profesional dalam melakukan bekam, penulis mengajurkan agar tidak meninggalkan pengobatan medis yang sudah dilakukan. Dan seyogyanya, pengobatan bekam dilakukan secara sinergis dengan pengobatan medis modern.

Akhirnya, semoga buku ini memberikan manfaat bagi kita semua. Kritik dan saran pembaca sangat penulis nantikan.

Surakarta,
17 Dzulhijjah 1428 H/ 27 Desember 2007 M.

dr. Wadda' A. Umar

Bersambung...

===

Maraji'/ sumber:
Buku: Sembuh dengan Satu Titik, Penulis: dr. Wadda' A. Umar, Penerbit: Al-Qowam, Solo - Indonesia, Cetakan XIV, Nopember 2012 M/ Muharram 1434 H.

===

Layanan GRATIS Estimasi Biaya Baja Ringan, Genteng Metal & Plafon Gypsum
http://www.bajaringantangerang.com

===
Ary Ambary Ahmad Abu Sahla al-Bantani
Sent from my BlackBerry® PIN 269C8299
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Popular posts from this blog