Skip to main content

Surat Al-Baqarah Ayat 194 (2) | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

AL-MISHBAAHUL MUNIIRU FII TAHDZIIBI TAFSIIRI IBNU KATSIIR

SHAHIH TAFSIR IBNU KATSIR

JUZ 2

SURAT AL-BAQARAH

AL-BAQARAH, AYAT 194 (2)

Demikian pula setelah memerangi suku Hawazin (70 km sebelah timur Makkah) dalam perang Hunain, musuh yang lari tunggang langgang bertahan di benteng kota Tha-if, lalu beliau mengalihkan pasukannya ke sana dan mengepungnya. Kemudian masuklah bulan Dzulqa'dah sementara beliau masih mengepung benteng Tha-if dengan manjaniq (alat pelontar), beliau terus mengepungnya hingga genap 40 hari, (783) sebagaimana yang telah disebutkan dalam kitab ash-Shahiihain dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu. Ketika melihat banyaknya para Sahabat yang gugur, maka beliau berpaling darinya. Sementara benteng belum bisa dikuasai. Kemudian beliau kembali ke Makkah dan melaksanakan umrah dari Ji'ranah. Di sanalah beliau membagi-bagikan ghanimah (harta rampasan perang) Hunain. Umrah beliau ini juga dilakukan pada bulan Dzulqa'dah tahun ke-8 Hijriyah. Shalawat dan salam senantiasa terlimpah atas beliau. (784)

Dan firman-Nya, "Oleh sebab itu barangsiapa yang menyerangmu, maka seranglah ia, sebanding dengan serangannya terhadapmu." Allah memerintahkan untuk berlaku adil, bahkan terhadap kaum musyrikin sekalipun. Sebagaimana Dia telah berfirman, "Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu." (QS. An-Nahl: 126)

Firman-Nya, "Bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa." Allah Ta'ala memerintahkan kepada mereka agar senantiasa berbuat taat dan bertakwa kepada-Nya sekaligus memberitahukan bahwa Dia selalu bersama orang-orang yang bertakwa dengan senantiasa menolong dan menguatkan mereka di dunia dan akhirat.

===

Catatan Kaki:

783. Beliau menggenapkan 40 hari dari hari peperangan Hunain sampai hari beliau kembali dari Ji'ranah ke Madinah.

784. Fat-hul Baari (III/701) dan Muslim (II/911). [Al-Bukhari (no. 1780), Muslim (no. 1253)].

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh – Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta – Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

Popular posts from this blog