Skip to main content

Surat Al-Baqarah Ayat 135 | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

AL-MISHBAAHUL MUNIIRU FII TAHDZIIBI TAFSIIRI IBNU KATSIIR

SHAHIH TAFSIR IBNU KATSIR

SURAT AL-BAQARAH

AL-BAQARAH, AYAT 135

Dan mereka berkata, "Hemdaklah kamu menjadi penganut agama yahudi atau nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk." Katakanlah, "Tidak, melainkan (kami mengikuti) agama Ibrahim yang lurus. Dan ia (Ibrahim) bukanlah dari golongan orang musyrik." (QS. 2: 135)

Muhammad bin Ishaq meriwayatkan dari Ibnu 'Abbas رضي الله عنهما, ia mengatakan bahwa 'Abdullah bin Shuriya al-A'war pernah berkata kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم: "Petunjuk itu juga menjadi pegangan kami. Oleh karena itu, wahai Muhammad, ikutilah kami, niscaya engkau mendapat petunjuk."

Orang-orang nasrani pun mengatakan hal yang sama kepada beliau, maka Allah عزوجل menurunkan firman-Nya, "Dan mereka berkata, 'Hendaklah kamu mennjadi penganut agama yahudi atau nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk.'" (541)

Firman Allah berikutnya: "Katakanlah, 'Tidak, tetapi (kami mengikuti) agama Ibrahim yang lurus.'" Artinya, kami tidak akan mengikuti apa yang kalian serukan, yaitu memeluk agama yahudi dan nasrani. Sebaliknya, kami mengikuti, "Agama Ibrahim yang lurus," yang istiqamah. Demikian pendapat Muhammad bin Ka'ab al-Qurazhi dan 'Isa bin Jariyah. (542)

MAKNA HANIF, -pent.

Mujahid dan ar-Rabi' bin Anas mengatakan, "Hanif bermakna mengikuti." (543) Sedangkan Abu Qilabah mengatakan, "Al-hanif adalah orang yang beriman kepada seluruh Rasul, dari yang pertama hingga yang terakhir." (544)

===

Catatan Kaki:

541. Ibnu Abi Hatim (I/396).

542. Ibnu Abi Hatim (I/397).

543. Ibnu Abi Hatim (I/397).

544. Ibnu Abi Hatim (I/397).

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh – Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta – Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

Popular posts from this blog