Skip to main content

Surat Al-Baqarah Ayat 151-152 (4) | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

AL-MISHBAAHUL MUNIIRU FII TAHDZIIBI TAFSIIRI IBNU KATSIIR

SHAHIH TAFSIR IBNU KATSIR

JUZ 2

SURAT AL-BAQARAH

AL-BAQARAH, AYAT 151-152 (4)

Dalam firman-Nya, "Dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku," Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk bersyukur kepada-Nya dan dengan rasa syukur itu Dia menjanjikan tambahan kebaikan.

Allah Ta'ala berfirman:

"Dan (ingatlah juga) tatkala Rabb-mu memaklumkan, 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Aku akan menambah (nikmat)-Ku kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7)

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Raja al-'Atharidi, ia mengatakan, "'Imran bin Hushain keluar menemui kami dengan mengenakan kain yang terbuat dari sutera. Kami belum pernah melihat ia mengenakannya sebelum dan sesudahnya. Lalu ia berkata, 'Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

'Siapa saja yang Allah anugerahkan kenikmatan kepadanya, maka sesungguhnya Dia senang melihat bukti/ dampak nikmat tersebut atas makhluk-Nya.'"

Rauh menyebutkan dengan lafazh:

"Atas hamba-Nya." (588)

===

Catatan Kaki:

588. Ahmad (IV/438). [Shahih: Dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam kitab Shahiihul Jaami' (no. 1712) dan Misykaatul Mashabiih (no. 4379)].

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh – Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta – Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

Popular posts from this blog