Skip to main content

Surat Al-Baqarah Ayat 146-147 (2) | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

AL-MISHBAAHUL MUNIIRU FII TAHDZIIBI TAFSIIRI IBNU KATSIIR

SHAHIH TAFSIR IBNU KATSIR

JUZ 2

SURAT AL-BAQARAH

AL-BAQARAH, AYAT 146-147 (2)

Al-Qurthubi berkata, diriwayatkan dari 'Umar bahwa ia berkata kepada 'Abdullah bin Sallam: "Apakah engkau mengenal anakmu sendiri?" Ia menjawab, "Ya, bahkan lebih dari itu. Al-Amin dari langit (Jibril) turun kepada Al-Amin di bumi (Muhammad) dengan karakteristiknya, maka aku pun mengenalinya. Padahal aku tidak tahu apa-apa tentang ibunya." (579)

Kemudian Allah Subhanahu wa Ta'ala memberitahukan bahwa meskipun mereka yakin dan mengetahui secara pasti, namun mereka masih juga, "Menyembunyikan kebenaran." Artinya, mereka menyembunyikan sifat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang tertulis dalam Kitab-kitab mereka. "Padahal mereka mengetahui." Selanjutnya Allah Ta'ala meneguhkan dan memberitahukan kepada Nabi-Nya dan uga orang-orang yang beriman bahwa apa yang dibawa oleh Rasul-Nya itu adalah suatu kebenaran yang tidak perlu lagi diragukan. Allah berfirman: "Kebenaran itu adalah dari Rabb-mu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu."

===

Catatan Kaki:

579. Al-Qurthubi (II/163).

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh – Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta – Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

Popular posts from this blog