Skip to main content

Surat Al-Baqarah Ayat 151-152 (3) | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

AL-MISHBAAHUL MUNIIRU FII TAHDZIIBI TAFSIIRI IBNU KATSIIR

SHAHIH TAFSIR IBNU KATSIR

JUZ 2

SURAT AL-BAQARAH

AL-BAQARAH, AYAT 151-152 (3)

Disebutkan dalam sebuah hadits shahih:

"Allah Ta'ala berfirman: 'Barangsiapa mengingat-Ku dalam dirinya, niscaya Aku mengingatnya dalam diri-Ku. Dan barangsiapa mengingat-Ku dalam sebuah majelis, niscaya Aku akan mengingatnya dalam majelis yang lebih baik darinya." (586)

Imam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik, ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

'Allah 'Azza wa Jalla berfirman: 'Wahai anak Adam, jika engkau mengingat-Ku dalam dirimu, maka Aku akan mengingatmu dalam diri-Ku. Dan jika engkau mengingat-Ku di suatu majelis, maka Aku akan mengingatmu di tengah majelis para Malaikat. -Atau Allah berfirman, 'Di tengah majelis yang lebih baik darinya'-. Dan jika engkau mendekat kepada-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekat kepadamu sehasta. Dan jika engkau mendekat kepada-Ku sehasta, maka Aku akan mendekat kepadamu sedepa. Dan jika engkau mendatangi-Ku dengan berjalan, maka Aku akan mendatangimu dengan berlari kecil.'"

Hadits ini sanad-sanadnya shahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari. (587)

===

Catatan Kaki:

586. Fat-hul Baari (XIII/395). [Al-Bukhari (no. 7405)].

587. Ahmad (III/138) dan Fat-hul Baari (XIII/521). [Al-Bukhari (no. 7536)].

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh – Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta – Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

Popular posts from this blog