Skip to main content

Surat Al-Baqarah Ayat 148 (2) | Shahih Tafsir Ibnu Katsir

AL-MISHBAAHUL MUNIIRU FII TAHDZIIBI TAFSIIRI IBNU KATSIIR

SHAHIH TAFSIR IBNU KATSIR

JUZ 2

SURAT AL-BAQARAH

AL-BAQARAH, AYAT 148 (2)

Abul 'Aliyah mengatakan, "Orang-orang yahudi mempunyai kiblat sendiri dan orang-orang nasrani pun mempunyai kiblat sendiri. Dan Allah Ta'ala telah memberikan petunjuk kepada kalian, wahai umat Islam, untuk menghadap ke kiblat yang hakiki." (581)

Hal serupa juga diriwayatkan dari Mujahid, 'Atha', adh-Dhahhak, ar-Rabi' bin Anas, dan as-Suddi. (582)

Ayat ini serupa dengan firman Allah,

"Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kamu semua kembali." (QS. Al-Maa-idah: 48)

Dalam hal ini Allah 'Azza wa Jalla berfirman: "Di mana saja kamu berada, Allah pasti akan mengumpulkanmu semua (pada hari Kiamat). Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu." Artinya, Allah Ta'ala mampu mengumpulkan kalian dari bumi manapun, meski tubuh dan badan kalian telah bercerai berai.

===

Catatan Kaki:

581. Ibnu Abi Hatim (I/121), tahqiq: DR. Al-Ghamidi.

582. Ibnu Abi Hatim (I/121-122), tahqiq: DR. Al-Ghamidi.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: al-Mishbaahul Muniiru fii Tahdziibi Tafsiiri Ibnu Katsiir, Penyusun: Tim Ahli Tafsir di bawah pengawasan Syaikh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri, Penerbit: Daarus Salaam lin Nasyr wat Tauzi', Riyadh – Kerajaan Saudi Arabia, Cetakan terbaru yang telah direvisi dan disempurnakan, April 2000 M/ Muharram 1421 H, Judul terjemahan: Shahih Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1, Penerjemah: Abu Ihsan al-Atsari, Penerbit: Pustaka Ibnu Katsir, Jakarta – Indonesia, Jumadal Awwal 1436 H/ Maret 2015 M.

Popular posts from this blog